Klaten, Zona Merah Pergerakan Tanah

Para siswa diharapkan bisa melakukan penanganan ancaman bencana yang terjadi di sekolah.

Klaten, Zona Merah Pergerakan Tanah
TRIBUNJOGJA.COM / Septiandry Mandariana
Simulasi Tanggap Bencana dan Kebakaran di SMAN 1 Klaten, Senin (6/11/2017) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Para siswa diharapkan bisa melakukan penanganan ancaman bencana yang terjadi di sekolah.

Hal tersebut disampaikan Irwan Santoso, Wakil Komandan Bidang Operasional SAR Kabupaten Klaten menuturkan, keterlibatan pihaknya bersama Tim Pemadam Kebakaran Kabupaten Klaten dalam "Simulasi Tanggap Bencana dan Kebakaran."

Kegiatan tersebut merupakan upaya dari pihaknya agar para siswa dapat memahami hal penting itu.

"Klaten masuk di dalam zona merah untuk pergerakan tanah, jadi sangat beresiko untuk terjadi bencana. Maka dari itu, simulasi seperti ini sangat diperlukan oleh para siswa untuk bekal mereka jika suatu saat nanti terjadi bencana di sekitar mereka, terutama di sekolah," ungkap Irwan kepada Tribun Jogja, Senin (6/11/2017).

Lanjut Wakil Kepala Humas SMAN 1 Klaten, Joko Tristianto, simulasi serupa sudah dilakukan secara konsisten oleh pihaknya sejak tahun 2012 lalu.

Baca: Ratusan Siswa SMAN 1 Klaten Mendadak Berlarian, Ini Penyebabnya

Dengan begitu pihaknya berharap para siswa nantinya bisa menolong sekitarnya jika terjadi bencana di lingkungan sekitarnya.

"Kegiatan seperti ini tuh sangat perlu kami dapatkan sebagai seorang siswa, juga buat temen-temen muda lainnya. Contohnya ketika berlari saat bencana, kita tuh nggak bisa sembarangan lari, ada cara-caranya dan harus menuju ke mana. Dengan ini kami jadi tahu bagaimana cara menyikapinya," jelas Lucia Triananda, seorang siswa SMAN 1 Klaten.

Tambah Irwan lagi kepada Tribun Jogja, kegiatan serupa seperti yang dilakukan oleh SMAN 1 Klaten ia harapkan bisa dicontoh oleh sekolah-sekolah lainnya, sehingga nantinya seluruh siswa di Kabupaten Klaten tidak gagap saat menghadapi bencana yang bisa datang kapan saja. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: abm
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved