Maybank Berdayakan Komunitas Penyandang Disabilitas di Lereng Gunung Merapi

Maybank Indonesia mendonasikan satu unit sepeda motor yang akan digunakan untuk modal transportasi penyandang disabilitas.

Maybank Berdayakan Komunitas Penyandang Disabilitas di Lereng Gunung Merapi
istimewa
(Ki-ka) Area Branch Manager Yogyakarta, PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) Bintang L Tobing, Ketua Perhimpunan House of Lawe Adinindyah, S.T, pendiri komunitas Ojek Difa, serta CSR Manager Maybank Indonesia Juvensius Judy Ramdoyo, pada penyerahan dukungan program pendampingan kewirausahaan (entrepreneur mentorship) berkelanjutan RISE (Reach Independence & Sustainable Entrepreneurship) bagi komunitas penyandang disabilitas di Yogyakarta dan Lereng Gunung Merapi. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Maybank Indonesia bersama Maybank Foundation, kembali melanjutkan program pendampingan kewirausahaan bagi komunitas penyandang disabilitas bertajuk 'Reach Independence & Sustainable Entrepreneurship' (RISE).

Program ini bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kapabilitas usaha mikro-UKM sehingga dapat memberikan dampak positif bagi komunitas di sekitarnya.

Di Bogor, program  pelatihan ini diberikan 3 tahap untuk 110 penyandang disabilitas sejak 17 Oktober - 3 November 2017.

Peserta pelatihan diantaranya telah merintis dan membangun usaha di bidang konveksi, makanan, kerajinan tangan, elektronika, transportasi, potong rambut dan bengkel kendaraan.

Menyusul program yang diberikan kepada 94 penyandang disabilitas di Bali dan 119 penyandang disabilitas di Tangerang setelah sebelumnya  211 penyandang disabilitas di Jakarta dan Yogyakarta menjadi penerima manfaat tahap awal (pilot projet) program RISE di Indonesia.

Pada awal bulan ini Maybank Indonesia juga melakukan inisiatif pemberdayaan komunitas penyandang disabilitas di Yogyakarta melalui komunitas Ojek Difa, yakni komunitas ojek yang dikemudikan oleh para penyandang disabilitas berasal dari masyarakat pra sejahtera.

Maybank Indonesia mendonasikan satu unit sepeda motor yang akan digunakan untuk modal transportasi para penyandang disabilitas.

Saat ini Ojek Difa memiliki 18 armada transportasi berupa sepeda motor dengan tiga roda yang memiliki rancangan aman bagi penumpang dan pengendaranya.

Pada kwartal ketiga tahun ini, Maybank Indonesia juga mengakhiri pelaksanakan program pemberdayaan komunitas di Lereng Gunung Merapi.

“Kami mendukung pendirian Koperasi Hijau bersama dengan Sedya Samahita Memetri (SESAMI), lembaga pelaksana program CSR Yayasan Maybank Indonesia untuk program pemberdayaan masyarakat lereng Gunung Merapi,” kata Head Corporate Communications & Branding, Esti Nugraheni.

Selanjutnya Koperasi Hijau ini antara lain akan memproduksi pupuk ramah lingkungan serta memasarkan dan mengembangkan pertanian organik untuk memperoleh pendapatan secara berkelanjutan.

“Sejalan dengan misi humanising financial services, kami memiliki komitmen untuk selalu berada di tengah komunitas serta tumbuh dan berkembang bersama komunitas, termasuk komunitas penyandang disabilitas,” tukasnya.(tribunjogja.com)

Penulis: vim
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved