Ini Rute Kirab Jogja Republik Onthel 2017

Rute tersebut dimulai dari Benteng Vredeburg menuju Jalan Koni, Jalan Ibu Ruswo, Jalan Wijilan lalu daerah Magangan.

Ini Rute Kirab Jogja Republik Onthel 2017
TRIBUNJOGJA.COM / Yudha Kristiawan
Seorang peserta Jogja Republik Onthel 2017 asal Sidoarjo Jawa Timur berpose di deretan sepeda yang mereka bawa, Sabtu (21/10/2017). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Yudha Kristiawan

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Ribuan peserta Jogja Republik Onthel bakal menggelar kirab bertajuk kita sama menyusuri rute kurang lebih sepanjang 10 Kilometer hari Minggu (22/10/17) besok.

Rute tersebut dimulai dari Benteng Vredeburg menuju Jalan Koni, Jalan Ibu Ruswo, Jalan Wijilan lalu daerah Magangan.

Selanjutnya menyusuri jalan Tamansari, Alun alun Kidul, Plengkung Gading, Jalan Mayjend Sutoyo, Pojok Beteng Wetan, Jalan Kolonel Sugiyono, Jalan Taman Siswa hingga Museum Kirti Griya Dewantara untuk melakukan cek poin.

Perjalanan dilanjutkan ke Jalan Sultan Agung terus menuju Istana Pura Pakualaman untuk kembali melakukan cek poin.

Setelah itu peserta menyusuri rute Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk, pertigaan Lempuyangan, SMA 3 Yogyakarta, Gramedia hingga ke Bundaran UGM.

Peserta selanjutnya diarahkan ke barat menuju Belimbing Sari, Jalan AM Sangaji, Tugu Pal Putih, Jalan Mangkubumi, Stasiun Tugu, melewati jembatan Kleringan, terus menyusuri ke Jalan Malioboro hingga kembali finish di Benteng Vredeburg.

Perhelatan akbar para Onthelis ini dijadwalkan dihadiri sejumlah Budayawan dan seniman seperti, Djoko Pekik, Garin Nugroho, Romo Sindhunata, Ong Hari Wahyu dan Edi Sunarto.

Selain itu juga ada Kartika Affandi, Guntur Songgolangit, Hermanu, Didi Sumarsidi dan Arif Nur Cahyo.

Dijelaskan Towil, sebelum JRO digelar, rangkaian acara sebelumnya telah dilakukan yakni Pameran Sepeda Tua 'Sarekat Onthel' yang saat ini masih berlangsung hingga 22 Oktober esok hari.

"Besok pagi, kami akan menggelar deklarasi JRO di halaman Benteng Vrederburg yang akan dihadiri beberapa seniman dan budayawan, termasuk penggagas Sego segawe Heri Zudianto. Melalui JRO 2017, kami ingin kembali mendukung promosi wisata dan mengajak masyarakat untuk bersepeda agar hidup lebih sehat," ujar Towil pada Tribunjogja.com, Sabtu (21/10/2017) .

Towil menambahkan, gelaran JRO ini bisa dihelat setiap tahun.

Acara yang diinisiasi oleh Paguyuban Onthel Djogjakarta (Podjok) ini sebelumnya digelar dua tahun sekali.

Sebelumnya pernah digelar Temu Onthelis, Jogja Other Carnival, Kongres Sepeda Tua, Jogja Kembali Bersepeda 1 dan 2 dan JRO adalah gelaran yang keenam. (*)

Penulis: Yudha Kristiawan
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved