Viral Medsos

Kalimat 'Kids Jaman Now' Mendadak Viral, Ternyata Ini Loh Yang Benar Menurut PUEBI

Kata ini memang termasuk bahasa Indonesia. Namun, kata itu tidak sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Kalimat 'Kids Jaman Now' Mendadak Viral, Ternyata Ini Loh Yang Benar Menurut PUEBI
jurnalcowok
Kids jaman now 

TRIBUNJOGJA.COM - Kehadiran media sosial turut mempengaruhi perkembangan bahasa Indonesia. Kalimat-kalimat yang viral di jagat maya, yang kemudian banyak terucap seolah sudah menjadi bagian dari bahasa Indonesia.

Salah satu yang paling populer adalah kalimat 'kids jaman now. Di media sosial, kalimat itu diungkapkan untuk menunjukkan tingkah laku remaja masa kini, yang terkadang membuat mengelus dada.

Namun sebenarnya, kalimat tersebut bukanlah bahasa baku Indonesia. Seperti diketahui, kids merupakan kata dalam bahasa Inggris, yang berarti anak-anak.

Begitu pula now yang berarti sekarang. Lalu bagaimana dengan jaman?

Kata ini memang termasuk bahasa Indonesia. Namun, kata itu tidak sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) pun meluruskan kalimat 'kids jaman now' melalui akun Twitternya. Sesuai PUEBI, ejaan yang benar dari jaman adalah zaman.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), zaman artinya jangka waktu yang panjang atau pendek yang menandai sesuatu; masa.

"#SahabatDikbud, yuk budayakan menulis ejaan bahasa Indonesia sesuai #PUEBI #CintaBahasaIndonesia" cuit @Kemdikbud_RI, Rabu (18/10/2017).

Postingan tersebut ditanggapi oleh sejumlah warganet. Akun Wikipedia Indonesia pun turut meluruskan kalimat 'kids jaman now' yang benar, agar semakin sempurna penggunaan bahasa Indonesianya.

"Akan lebih baik apabila menggunakan bahasa Indonesia sepenuhnya: Anak-anak zaman sekarang," cuit akun tersebut.

Seperti dikutip dari laman www.badanbahasa.kemdikbud.go. id, PUEBI diterbitkan untuk menyempurnakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (PUEYD).

Pedoman ini diharapkan dapat mengakomodasi perkembangan bahasa Indonesia yang makin pesat, karena dampak kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Pedoman ini merupakan edisi keempat dan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2015 tanggal 26 November 2016.

Selain kata zaman, berikut adalah ejaan kata yang benar menurut PUEBI:

1. Assalamualaikum w.w.
2. Alquran
3. Azan 
4. Zuhur
5. Isap
6. Merek
7. Nasihat
8. Risiko
9. Gawai = gadget
10. Swafoto = selfie
11. Laman = website
12. Pos-el = email
13. Tetikus = mouse
14. Warganet = netizen
15. Narahubung = contact person
16. Pelantang = mikrofon
17. Salin rekat = copy paste
18. Luring = offline
19. Daring = online
20. Pratayang = preview
21. Peladen = server
22. Pramusiwi = baby sitter
23. KTP-el = e-KTP. (*)

Penulis: say
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved