Ini Sebabnya BPPTKG Imbau Masyarakat Kurangi Aktivitas di Sungai Ketika Musim Hujan

Terutama yang kerap beraktivitas di alur sungai untuk waspada dan memperhatikan cuaca.

Ini Sebabnya BPPTKG Imbau Masyarakat Kurangi Aktivitas di Sungai Ketika Musim Hujan
Tribun Jogja/ Bramasto Adhy
Wisatawan menikmati wahanan jip wisata di lava tour kawasan Kaliadem, lereng Merapi, Sleman 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Pradito Rida Pertana

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Saat ini musim penghujan mulai berlangsung di sebagian wilayah Indonesia, khususnya Yogyakarta.

Mengingat curah hujan yang semakin meningkat seiring memasuki musim penghujan tentu mempengaruhi banyak hal, seperti salah satunya kondisi Gunung Merapi.

Dimana, masih banyak material yang tertimbun di Gunung tersebut, dan sewaktu-waktu dapat berpotensi menjadi lahar dingin karena guyuran hujan yang deras.

Terkait hal tersebut, Kepala Seksi Gunung Merapi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Agus Budi Santoso mengatakan, ancaman Gunung Merapi di kala musim hujan ialah lahar hujan.

Karena ancaman tersebut bisa muncul kapan saja, ia mengimbau masyarakat, terutama yang kerap beraktivitas di alur sungai untuk waspada dan memperhatikan cuaca.

"Memang ancaman Merapi saat di musim hujan ini adalah banjir yang membawa material dari puncak. Untuk itu, bagi masyarakat yang kesehariannya beraktivitas badan sungai seperti menambang pasir harus lebih waspada, dan harus sering koordinasi dengan instansi berwenang terkait cuaca," katanya saat dihubungi Tribunjogja.com, Rabu (18/10/2017).

Lanjutnya, ia tidak membatasi gerak masyarakat yang kesehariannya beraktivitas di alur sungai atau badan sungai.

Karena menurutnya, semua sungai sekitar Merapu berpotensi dilewati oleh lahar hujan, walau potensi setiap sungai berbeda-beda.

Apalagi, saat ini masuk musim penghujan, dan tidak dapat diprediksi secara pasti kapan terjadi.

Halaman
12
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved