Breaking News:

Untuk Pertama Kalinya Peringatan Hut Korpaskhas akan Digelar di Yogyakarta

Jajaran pasukan khas TNI AU yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia akan datang ke Yogyakarta untuk memperingati HUT Korpaskhas ke-70

TRIBUNJOGJA.COM / Santo Ari
Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Novyan Samyoga memberikan keterangan kepada wartawan tentang peringatan HUT Korpaskhas yang akan dilaksanakan di Yogyakarta pada 17 Oktober mendatang. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Untuk pertama kalinya, peringatan HUT Korpaskhas akan dilaksanakan di Yogyakarta pada 17 Oktober mendatang.

Jajaran pasukan khas TNI AU yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia akan datang ke Yogyakarta untuk memperingati HUT Korpaskhas ke-70.

Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Novyan Samyoga mengatakan momen ini spesial karena selama ini event peringatan HUT Korpaskhas dilaksanakan di Lanud Sulaiman Bandung, yang juga merupakan markas Korpaskhas.

"Tapi tahun ini akan digelar di Yogyakarta. Yang jadi pertimbangan Kepala Staf AU adalah kaitannya Yogyakarta dengan sejarah berdirinya Korpaskhas," jelas Danlanud, Jumat (13/10/2017).

Novyan mengatakan Yogyakarta adalah yang pertama mengirimkan pasukan untuk melakukan penerjunan di daerah Sambi, Kotawaringin, Kalimantan Tengah pada 17 Oktober 1947 silam.

Baca: Kisah Menegangkan Penerjunan Pasukan AURI di Hutan Rimba Papua

Peristiwa itulah yang menjadi cikal bakal berdirinya kekuatan Korpaskhas hingga saat ini menginjak usia 70 tahun.

Danlanud mengatakan bahwa penerjunan saat itu adalah yang pertama kali dilakukan di Indonesia, bahkan di Asia.

"Penerjunan pasukan yang dilakukan paskhas pada tahun 1947 adalah yang pertama di Asia. Dari sejarah itu pula maka untuk tahun ini peringatan HUT Korpaskhas dilaksanakan di Yogyakarta, di mana sebelumnya selalu dilaksanakan di Lanud Sulaiman," terangnya.

Asisten Operasi (Asops) Korpaskhas, Kolonel pas Joko Prasetyo menambahkan perihal sejarah itu.

Bermula permintaan Gubernur Kalimantan saat itu untuk menerjunkan pasukan payung di Kalimantan guna membantu perjuangan rakyat Kalimantan.

Hal itu disambut baik oleh Kasau dengan menyiapkan prajurit-prajurit auri melaksanakan tugas penerjunan.

Pada tanggal 17 Oktober 1947 dini hari sebuah pesawat dakota memecah keheningan daerah Maguwo lepas landas menyeberangi lautan dan menelusuri belantara rimba Kalimantan menuju Kotawaringin sebagai daerah sasaran penerjunan.

13 prajurit AURI berhasil diterjunkan di daerah Sambi.

"Peristiwa itu yang menandai lahirnya satuan tempur Pasukan Khas TNI Angkatan Udara," terangnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Santo Ari
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved