Kamis Mendatang, Pemda DIY Bahas Acara Perayaan Pelantikan

Rencana acara syukuran baru akan dibahas setelah kembali dari Jakarta dan akan melibatkan beberapa SKPD Pemda DIY.

Kamis Mendatang, Pemda DIY Bahas Acara Perayaan Pelantikan
Tribun Jogja/ Dwi Nourma Handito
Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Gatot Saptadi saat memberikan keterangan kepada media di Bangsal Kepatihan, Senin (18/9/2017). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Dwi Nourma Handito

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY periode 2017-2022 telah berlangsung dengan lancar.

Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Sri Paduka Paku Alam X dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Selasa (10/10/2017) sore.

Pelantikan ini cukup spesial, karena tepat waktu di akhir masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY periode 2012-2017.

Seperti diketahui sesuai dengan Undang Undang Keistimewaan, jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY diisi oleh yang bertakhta sebagai Sultan Hamengku Buwono untuk calon Gubernur dan bertakhta sebagai Adipati Paku Alam untuk calon Wakil Gubernur.

Setelah acara pelantikan ini akan ada beberapa agenda yang akan digelar.

Seperti pidato pertama Gubernur di depan Rapat Paripurna Istimewa DPRD DIY dan juga rencana acara perayaan atau syukuran pelantikan.

Sebelumnya sempat ada rencana dua acara tersebut akan digelar di hari yang sama.

Terkait dengan rencana acara syukuran ini, menurut Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Gatot Saptadi baru akan dibahas setelah kembali dari Jakarta dan akan melibatkan beberapa SKPD Pemda DIY.

"Kamis aku bahase, ya yang terlibat (Dinas) Kebudayaan, (Dinas) Pariwisata, Sekwan (Sekretariat Dewan), ya pihak pihak yang punya aktivitas lah," kata Gatot saat dihubungi Tribun Jogja, Selasa (10/10/2017) sore usai pelantikan.

Gatot tak mau merinci lebih detil dan meminta menunggu hasil rapat yang akan dilakukan.

Sementara untuk pidato pertama Gubernur setelah dilantik dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD, menurutnya itu menunggu kepastian dari DPRD, rencana yang ada pada tanggal 16 Oktober 2017.

"Tanya Dewan (DPRD), kelihatannya informasi ke kami tanggal 16 (Oktober), yang punya gawe kan DPRD, ya kita siap aja," kata Gatot.

Sementara itu, terkait dengan perayaan, Wakil Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Singgih Raharjo saat dikonfirmasi terpisah mengatakan perihal perayaan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur baru akan dibahas dan dikoordinasikan.(*)

Penulis: dnh
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved