Pemda DIY Siapkan Dua Opsi Terkait Pelantikan Gubernur

Pemerintah Daerah (Pemda) DIY belum mendapatkan informasi secara resmi dari Pemerintah Pusat terkait dengan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY

Pemda DIY Siapkan Dua Opsi Terkait Pelantikan Gubernur
net
Pelantikan Sultan dan Paku Alam sebagai gubernur dan wakil gubernur DIY.

Laporan Reporter Tribun Jogja, Dwi Nourma Handito

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Daerah (Pemda) DIY belum mendapatkan informasi secara resmi dari Pemerintah Pusat terkait dengan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY periode 2017-2022.

Meski begitu menurut Kepala Biro Tata Pemerintahan (Tapem) Pemda DIY yang juga Plt Sekretaris DPRD DIY, Beny Suharsono pihaknya tetap mempersiapkan pelantikan jika digelar di Yogyakarta.

"Pelantikan secara resmi secara formal sampai hari ini kami belum dapat (informasinya), memang saya membaca media yang menurut pak Mensesneg akan dilakukan di Jogja. Artinya sebetulnya dalam kerangka persiapan pelantikan di Jogja atau di Jakarta, harus disiapkan artinya kami di Jogja atau Jakarta kami siap," ujarnya di DPRD DIY, Jumat (29/9/2017).

Menurutnya dalam pelaksanaan pelantikan ada dua acara, yakni upacara pelantikan itu sendiri dan upacara paska pelantikannya.

Untuk upacara pelantikan hal tersebut ditentukan langsung oleh Presiden dan ranah dari protokoler kenegaraan. Pemda DIY hanya memback up.

Baca: Wajah GKR Hemas Berseri-seri, Perempuan Boleh Menjadi Gubernur DIY

Sementara jika digelar di Yogyakarta maka harus ada beberapa hal yang dipersiapkan.

Terlebih pasti akan menyedot animo dari masyarakat Yogyakarta untuk menyaksikan.

"Kalau di sini, kan ada ekspektasi dari masyarakat, pengamanan harus kami siapkan. Kalau di Jakarta kan tidak, hal hal seperti itu (yang dipersiapkan)," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: dnh
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved