Mulai Turun Hujan, BPBD Telah Menyusuri 4 Sungai

Sungai Buntung, aliran Winongo dan Sungai Opak disusuri untuk memetakan sungai yang rawan banjir.

Mulai Turun Hujan, BPBD Telah Menyusuri 4 Sungai
ist
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Hujan yang turun beberapa hari ini di Sleman sudah di antisipasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman dengan menyusuri empat sungai yang ada di Sleman.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman, Joko Supriyanto menjelaskan pihaknya bersama dengan relawan telah menyusuri sungai yang dianggap rawan banjir.

"Selama ini dengan relawan menyusuri sungai yang biasa banjir. Kita lihat potensi penyebab banjir. Ada tumpukan sampah kita bersihkan. Ada empat sungai kita susuri, kita evaluasi, mana tempat yang rawan," jelasnya, Kamis (28/9/2017).

"Empat itu Sungai Buntung, aliran Winongo, Sungai Opak dan satunya saya lupa," timpalnya.

Di luar empat sungai tersebut pihaknya bersama relawan juga tetap akan menyusuri sungai lain dan dipaparkan per daerah dengan visual dan matrix.

Sementara berdasarkan susur sungai yang telah di laksanakan, sampah masih menjadi masalah utama.

Sementara itu limbah rumah tangga juga sudah menjadi ancaman.

"Yang utama karena sampah dan limbah rumah tangga akhirnya-akhirnya masuk ke sungai," ujarnya.

Sementara itu, terkait peran serta masyarakat, Joko mengapresiasi masyarakat yang tinggal di bantaran sungai telah lebih peduli dengan kelestarian sungai.

Terutama dengan membentuk komunitas-komunitas peduli sungai.

"Ini adalah suatu hal yang sangat bagus masyarakat punya partisipasi sangat aktif melestarikan sungai. Karena sungai sumber kehidupan. Kami dari BPBD gembira sekali setiap warga yang mempunyai bantaran sungai  ada kelompok-kelompok peduli sungai," ungkapnya.

Dengan hal positif tersebut, Joko yakin aliran sungai dari waktu ke waktu akan berangsur lancar dan dapat menjadi langkah pengurangan bencana. (*)

Penulis: app
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved