Breaking News:

Bangunan Mirip Istana Negara di Bantul Akan Dilengkapi Fasilitas Ini

Dana Rp 1,2 miliar dari pihak SGF ini untuk membangun Balai Penelitian dan Pengembangan Saemaul Sumbermulyo berikut alat perkantoran di dalamnya.

TRIBUNJOGJA.COM / Susilo Wahid
Bangunan mirip istana negara di Jalan Samas, tepatnya di Gandekan, Kaligondang, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Balai Penelitian dan Pengembangan Saemaul Sumbermulyo dibangun atas kerjasama warga dengan Saemaul Globalisasi Foundation (SGF) Korea lewat program pembangunan desa percontohan Saemaul.

Nilai program ini Rp 1,2 miliar bersumber dari Kota Mungyong, Korea Selatan. 

Menurut Lurah Sumbermulyo, Ani Widayanti, pihak SGF Korea ini sudah melakukan pendampingan kepada Pemerintah Desa Sumbermulyo selama dua tahun sejak September 2015 - September 2017.

"Dengan selesainya pembangunan gedung, maka selesai pula kerjasama tersebut," kata Ani, Jumat (29/9/2017). 

Sebelumnya, telah dilakukan proses seleksi yang ketat dari pihak SGF Korea melalui berbagai standar dan syarat khusus.

Perlu diketahui, di Indonesia sendiri hanya empat daerah yang mendapat bantuan dari SGF yaitu Bleberan, Ponjong, Subang dan Desa Sumbermulyo sendiri. 

Dana Rp 1,2 miliar dari pihak SGF ini dijelaskan Ani untuk membangun Balai Penelitian dan Pengembangan Saemaul Sumbermulyo berikut alat perkantoran di dalamnya.

Selain itu, juga digunakan untuk pembangunan bank sampah di empat padukuhan dan pembangunan lantai jemur untuk gapoktan. 

Sebagai rencana jangka panjang lima tahun ke depan, akan dibangun fasilitas umum di sekitar lokasi di atas tanah seluas 5 hektar seperti puskesmas, gedung kesenian, pusat oleh-oleh dan jajanan, taman bermain anak, pasar desa, masjid dan homestay yang berkonsep Sumbermulyo Binangun.

Selain demi penyediaan fasilitas umum untuk warga, pihak pemerintah desa juga ingin menyambut kehadiran bandara baru di Kulon Progo.

"Karena akan jadi jalan akses ke bandara baru, kita ingin menyediakan fasilitas sekaligus penyediaan lapangan kerja untuk masyarakat," kata Ani. (*)

Penulis: Susilo Wahid Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved