Pelantikan Kepala Desa di Klaten Dilakukan di Tempat Tak Biasa, Ini Alasannya

Plt Bupati Klaten, Sri Mulyani yang memilih sendiri lokasi pelantikan tersebut.

Pelantikan Kepala Desa di Klaten Dilakukan di Tempat Tak Biasa, Ini Alasannya
TRIBUNJOGJA.COM / Angga Purnama
Kepala desa terpilih menunggu proses pelantikan di obyek wisata Watu Prahu Bukit Cinta, Desa Gunung Gajah, Bayat, Kamis (28/9/2017). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN – Pelantikan kepala desa pemenang pilkades dikemas secara berbeda di era kepemimpinan Plt Bupati Klaten, Sri Mulyani.

Jika biasanya acara pelantikan kepala desa digelar secara formal di Pendapa Kabupaten, kali ini acara kedinasan itu digelar di luar ruang.

Sebanyak 48 kades pemenang resmi dilantik Plt Bupati Klaten, Sri Mulyani di obyek wisata Watu Prahu Bukit Cinta, di Desa Gununggajah, Kecamatan Bayat, Kamis (28/9/2017).

Meski digelar di obyek wisata, acara tersebut tidak kehilangan kesan formalnya.

Plt Bupati Klaten, Sri Mulyani yang memilih sendiri lokasi pelantikan tersebut.

Ia mengatakan lokasi tersebut sengaja digunakan sebagai tempat pelantikan untuk mempromosikan destinasi wisata baru di sisi selatan Klaten itu.

“Saya pilih lokasinya bukan di kantor Pemda tapi di Gununggajah karena ada Bukit Cinta. Nah ini sekaligus untuk mempromosikan wisata di sana,” ungkapnya.

Menurutnya lokasi tersebut dipilih untuk memotivasi kades-kades baru agar bersemangat dalam mengembangkan potensi desa dan masyarakatnya.

Sehingga diharapkan dapat memberdayakan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Gununggajah merupakan salah satu desa yang masuk zona merah (desa miskin), namun dengan kerja sama dan gotong royong warganya, desa ini mampu bangkit dan mengelola potensi wilayahnya hingga akhirnya terwujud destinasi wisata baru di Kabupaten Klaten,” katanya.

Dia berharap kades-kades yang baru saja dilantik dapat mengikuti jejak Desa Gununggajah. Sehingga diharapkan akan meningkatkan pemberdayaan masyarakat.

“Tidak harus wisata, bisa yang lainnya. Intinya bisa mengelola dan menonjolkan potensi dari daerah masing-masing,” ujarnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: ang
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved