Sambut 1 Muharam, Pemdes Kembanglimus di Magelang Gelar Pawai Taaruf

Meski di Desa Kembanglimus 99 persen warganya memeluk agama Islam, selama ini euforia tahun baru Hijriah dirasa masih kalah dengan tahun baru Masehi.

Sambut 1 Muharam, Pemdes Kembanglimus di Magelang Gelar Pawai Taaruf
TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan
Suasana pawai Taaruf yang diadakan di Kembanglimus 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Memperingati tahun baru Islam 1 Muharam 1439 Hijriyah, Pemerintah Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, menggelar karnaval, atau pawai taaruf, Kamis (21/9/2017) sore.

Pawai taaruf yang diikuti dan disaksikan ratusan warga tersebut, berlangsung begitu meriah.

Meski kental akan nuansa Islam, dari 31 peserta yang ambil bagian, ada beberapa yang menampilkan ragam seni budaya desa setempat.

Wakil Ketua Panitia Kirab Tahun Baru Islam I Muharam Desa Kembanglimus, Mura Aristina, mengatakan bahwa karnaval tersebut dilangsungkan rutin setiap tahun baru Hijriah.

Tahun ini, lanjutnya, sudah memasuki gelaran yang ke tiga.

Menurutnya, meski di Desa Kembanglimus 99 persen warganya memeluk agama Islam, selama ini euforia tahun baru Hijriah dirasa masih kalah dengan tahun baru Masehi.

Baca: Bolehkah Merayakan Tahun Baru 1 Muharram Hijriah? Berikut Ulasan Lengkapnya

Karena itu, pihaknya merasa perlu untuk menyemarakkannya.

"Tidak bisa dipungkiri, tahun baru Islam selama ini memang sedikit terlupakan, nyaris tidak ada perayaan khusus untuk menyambutnya. Jadi, kirab ini digelar, supaya euforianya tidak kalah dengan tahun baru Masehi, sekaligus sebagai wadah syiar ajaran Islam," katanya.

Mura pun mengapresiasi para peserta kirab yang berlangsung menyusuri jalanan desa dan finish di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Kembanglimus tersebut.

Menurutnya, para peserta juga turut mempromosikan keunggulan wisata yang dimiliki desanya.

"Desa Kembanglimus memiliki banyak potensi wisata, seperti wisata sunrise, hingga tubing. Selain itu, kulinernya juga tidak kalah, ada pepes bluluk, atau racikan masakan ikan beong yang sudah sangat terkenal itu," ucapnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: aka
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved