Breaking News:

Seperti Inilah Reaksi Warga Desa Sutan Ketika Nonton Bareng Film Pengkhianatan G30S PKI

Harapannya, generasi muda saat ini bisa mengerti sejarah kelam Indonesia, dengan pemberontakan yang dilakukan oleh PKI pada tahun 1965 tersebut.

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Ari Nugroho
internet
Film G30 S PKI 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Azka Ramadhan

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Meski masih memicu kontroversi di tengah masyarakat, ratusan warga Desa Sutan, Kelurahan Sumberejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, menunjukkan antusiasme kala turut serta nonton bareng film Pengkhianatan G30S PKI, Selasa (19/9/2017) malam.

Pemutaran film tersebut, diprakarsai oleh Koramil 11 Mertoyudan Kodim 0705/Magelang, bekerja sama dengan panitia 'Sutan Festival 1 Syuro'.

"Untuk mengingat kembali, bahwa pada masa lampau, di Indonesia, pernah terjadi tragedi yang sangat memilukan bangsa," ungkap Danramil Mertoyudan, Kapten Arm Pitoyo.

Dengan diputar kembali film itu, ia berharap generasi muda saat ini bisa mengerti sejarah kelam Indonesia, dengan pemberontakan yang dilakukan oleh PKI pada tahun 1965 tersebut.

Lanjutnya, agar masyarakat waspada akan bahaya laten komunis, supaya tidak muncul dan timbul kembali di bumi pertiwi ini.

"Kita harus pandai sikapi keadaan saat ini. Jangan sampai terprovokasi, apalagi ikut-ikutan paham yang jelas-jelas dilarang oleh pemerintah," tandasnya.

Sementara itu, Wiedyantara (46), ketua panitia 'Sutan Festival 1 Syuro', mengatakan pemutaran film ini dinilainya masih perlu dan relevan, untuk lebih mengetahui sejarah bangsa.

Baca: Ini Kata Panglima TNI Soal Pemutaran Film G30S/PKI Versi Baru

Namun, menurutnya, perlu dilakukan sensor pada gambar, atau adengan-adegan yang berupa kekerasan, lantaran penontonnya banyak anak-anak.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved