Breaking News:

Film G30S/PKI Akan Diputar Hingga di Balai Desa

Secara umum film tersebut menyampaikan fakta sejarah bahwa pengkhianatan PKI ketika itu benar-benar nyata.

Penulis: app | Editor: Gaya Lufityanti
internet

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Komandan Korem 072/Pamungkas, Brigjen TNI Fajar Setyawan menjelaskan pemutaran film G30S/PKI secara teknis akan diputar hingga tingkat Koramil.

Nantinya secara teknis Koramil bisa memutar film tersebut di balai desa.

"Pelaksanaan sederhana, kita akan putar hingga tingkat Koramil, Koramil teknis bisa di balai desa, sekolahan, tempat-tempat umum. Koramil nanti bisa keliling desa," ujar Danrem saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakoornas) Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum di The Rich Hotel, Yogyakarta, Rabu (20/9).

"Mulai hari ini 10 Kodim wilayah kerja Korem pamungkas paling tidak sudah bisa dimulai. Baru nanti Koramil sampai dengan desa," sambungnya.

Lebih lanjut, Danrem menjelaskan secara umum film tersebut menyampaikan fakta sejarah bahwa pengkhianatan PKI ketika itu benar-benar nyata.

"Diharapkan generasi muda memahami atas bahaya laten komunis di wilayah kita," paparnya.

Lanjutnya, berdasarkan intruksi, film tersebut mulai diputar pada 1 Oktober mendatang, namun boleh sedini mungkin dimulai.

Dan akan berakhir 5 Oktober, pada peringatan Hari Jadi TNI.

Sementara itu, saat disinggung apakah ada pengamanan khusus saat pemutaraan film, Danrem juga menjamin pihaknya sudah mengantisipasi terkait keamanan.

"Saya rasa masalah itu tetap kita punya SOP bagaiman mengantisipasi bila ada manuver, insyaallah aman," pungkasnya.

Selain itu, terkait muatan adegan-adegan kekerasan, Danrem menjelaskan bahwa batasan-batasan tersebut nantinya akan dikomunikasi.

"Sifatnya imbauan kepada warga mari kita tonton," imbaunya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved