Pemerintah Gelontorkan Rp 4 triliun untuk Penyehatan DAS

DAS yang terdiri dari wilayah hulu, tengah, dan hilir memiliki keterikatan.

Pemerintah Gelontorkan Rp 4 triliun untuk Penyehatan DAS
TRIBUNJOGJA.COM/ANGGA PURNAMA
Kasubdit Pengendalian Kerusakan Sungai Ditjen Pengendalian DAS dan Hutan Lindung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Garendel Siboro 

TRIBUNJOGJA.COM – Pelestarian sungai dan pengelolaan DAS harus berjalan secara berkesinambungan.

Pasalnya seluruh daerah aliran sungai saling berkaitan satu dengan yang lainnya.

Kasubdit Pengendalian Kerusakan Sungai Ditjen Pengendalian DAS dan Hutan Lindung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Garendel Siboro mengatakan DAS yang terdiri dari wilayah hulu, tengah, dan hilir memiliki keterikatan.

Bahkan segala kerusakan yang terjadi di sebuah wilayah bisa berimbas keseluruh DAS.

“Demikian pula upaya pelestariannya, harus dilakukan secara bersama-sama. Tidak bisa hanya di satu wilayah, karena tidak efektif,” katanya.

Ia menggambarkan jika di wilayah hulu dilakukan pelestarian dengan meningkatkan daerah resapan air, sementara di wilayah tengah masih banyak warga yang membuang sampah di sungai, maka kualitas air yang diterima wilayah hilir tetap buruk meski jumlahnya melimpah.

Bahkan hal ini dapat berimbas pada bencana yang dirasakan oleh masyarakat hilir.

“Bisa jadi menjadi penyebab pencemaran wilayah laut atau bahkan mengancam kehidupan biota di sungai maupun laut,” ujarnya menjelaskan.

Menurutnya pemerintah telah menggelontorkan dana hingga Rp 4 triliun setiap tahunnya untuk mendukung upaya penyehatan DAS, terutama untuk kegiatan realisasi hutan dan tanaman. (*)

“Namun hal ini dibutuhkan peran serta masyarakat, bukan hanya pemerintah. Oleh karena itu, dalam forum ini kami berusaha mengoptimalkan peran kades dan tokoh masyarakat untuk mendukung upaya ini. Sehingga diharapkan lahir komunitas-komunitas yang sadar akan pelestarian lingkungan, khususnya di DAS,” katanya. (*)

Penulis: ang
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved