Luar Biasa, dalam Sekejap Tumpukan Sampah di Sekitaran Masjid An-Nur Menghilang

Begitu ribuan jamaah meninggalkan area masjid, sampah-sampah yang tadinya sempat tersebar, tiba-tiba hilang dalam sekejap.

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Ari Nugroho
TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan
Komunitas Bersih-bersih Masjid (BBM) Magelang sedang beraksi membersihkan sampah dalam aksi solidaritas Rohingya di Magelang, Jumat (8/9/2017) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Azka Ramadhan

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Ribuan massa memadati area Masjid An-Nur, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jumat (8/9/2017), untuk mengikuti aksi solidaritas Rohingya.

Terang saja, muncul kekhawatiran dari banyak pihak, terkait sampah-sampah yang ditinggalkan oleh para peserta aksi.

Namun, bisa dibilang mengejutkan, begitu ribuan jamaah meninggalkan area masjid, sampah-sampah yang tadinya sempat tersebar, tiba-tiba hilang dalam sekejap.

Bukan tanpa alasan, hal tersebut, berkat kerja keras beberapa orang yang tergabung dalam komunitas Bersih-bersih Masjid (BBM) Magelang.

"Kita tidak bisa biarkan sampah berserakan di sekitaran masjid. Kita bisa maklumi, para tamu Allah ini kebingungan, mau buang sampah di mana. Apalagi, saudara-saudara kita yang hadir banyak sekali," ujar Hari Indriyanto, Koordinator BBM Magelang, Jumat siang.

Ia mengatakan, dalam kesempatan tersebut, BBM Magelang diperkuat oleh 15 personel yang mengemban tugas masing-masing.

Lanjutnya, sejumlah personel tersebut, berasal dari anggota laskar-laskar, atau ormas, yang memiliki kepedulian pada kebersihan area masjid, yang sengaja dirangkul oleh pihaknya.

"Membersihkan masjid itu bayarannya sangat tinggi, nanti di akhirat. Langkah yang kami lakukan ini termasuk jihad, walaupun lewat jalan yang berbeda," jelasnya.

Dikisahkan Hari, Komunitas BBM Magelang bukan kali ini saja beraksi.

Pasalnya, setiap dua kali dalam satu minggu, ia bersama pasukannya, secara rutin membersihkan masjid-masjid di wilayah Magelang secara bergantian dan terjadwal.

Yang pasti, imbuhnya, aksi tersebut bersifat suka rela, atau tanpa imbalan materi.

"Ya, dalam satu minggu, ada dua masjid di wilayah Magelang yang kami bersihkan. Setiap hari Jumat dan Ahad," kisahnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved