Pasien yang Terdaftar BPJS Ketenagakerjaan Bebas Biaya Perawatan di RSUP Dr Sardjito

Selama di pekerja memiliki jaminan kesehatan tenaga kerja dan masih sesuai dengan kelas yang didaftarkan, maka free semua.

Pasien yang Terdaftar BPJS Ketenagakerjaan Bebas Biaya Perawatan di RSUP Dr Sardjito
TRIBUNJOGJ.COM/KURNIATUL HIDAYAH
Pihak BPJS Ketenagakerjaan DIY saat berkunjung ke RSUP Dr Sardjito, Rabu (6/9/2017). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Trisno Heru Nugroho menjelaskan bahwa pekerja yang mengalami kecelakaan kerja dan dirawat di RSUP Dr Sardjito, selama terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan maka tidak akan dikenakan biaya perawatan sepeserpun.

"Selama di pekerja memiliki jaminan kesehatan tenaga kerja dan masih sesuai dengan kelas yang didaftarkan, maka free semua. Mulai ruangan dan obat, semuanya ditanggung," ungkapnya ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (6/9/2017).

Free alias bebas dari biaya apapun, lanjutnya, juga harus disesuaikan dengan kelas mengingat tiap premi yang bayarkan terbagi menjadi beberapa macam. Mulai dari kelas tiga kelas dua, hingga kelas satu.

Heru menjelaskan, ada prioritas penanggung biaya pekerja yang mengalami kecelakaan lalu lintas, yakni pihak Jasa Raharja. Premi maksimal yang digelontorkan Jasa Raharja adalah Rp 20 juta.

"Jadi misalkan total biaya perawatan Rp 25 juta. Nanti Rp 20 juta ditanggung Jasa Raharja dan sisanya Rp 5 juta dibackup BPJS Ketenagakerjaan," bebernya.

Ia mengingatkan, bahwa tidak semua yang terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan bisa mendapatkan jaminan kecelakaan kerja. Hal tersebut dikarenakan premi tenaga kerja tergantung dari item perlindungan yang dipilih.

"BPJS Ketenagakerjaan itu kan ada jaminan pensiun, kecelakaan, sakit, dan kematian. Kalau perusahaan hanya ikut jaminan pensiun, maka untuk biaya berobat bisa menggunakan BPJS umum (kesehatan)," tandasnya.(kur)

Penulis: kur
Editor: Ari Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved