Breaking News:

Kapolres Bantul: Masyarakat Harus Mampu Menjadi Polisi Terhadap Dirinya Sendiri

Siskamling juga berfungsi sebagai forum silaturahmi antar anggota masyarakat yang memberikan nilai kemanfaatan dan semangat kebersamaan.

Penulis: sis | Editor: Ari Nugroho
Humas Polres Bantul
Sejumlah awak pos kamling se-Kabupaten Bantul ikuti apel besar Kaposkamling tingkat Polres Bantul pada Selasa (5/9/2017) pagi. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Hening Wasisto

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Sejumlah awak pos kamling se-Kabupaten Bantul ikuti apel besar Kaposkamling tingkat Polres Bantul pada Selasa (5/9/2017) pagi.

Apel yang digelar di halaman Mapolres Bantul tersebut, dipimpin langsung oleh Kapolres Bantul, AKBP Imam Kabut Sariadi.

Tidak hanya awak kamling se-Kabupaten Bantul saja, hadir pula para pejabat utama, anggota/PNS Polres Bantul, jaajaran Kapolsek dan Bhabinkamtibmas.

Di sela memimpin apel, Imam mengatakan, siskamling merupakan aktifitas kesadaran yang didasarkan atas kesamaan maksud dan tujuan yang berorientasi pada kerjasama.

Kerjasama itu meliputi pelayanan keamanan terbatas di lingkungan masyarakat sebagai upaya mencegah gangguan kamtibmas.

“Kegiatan siskamling ini merupakan wujud sinergitas Polri dan masyarakat untuk berpartisipasi dan peduli meningkatkan kepekaan dan daya tangkal masyarakat terhadap masalah keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing,” katanya.

Secara garis besar, lanjutnya, siskamling mempunyai tujuan meningkatkan kewaspadaan terhadap prediksi munculnya potensi kejahatan yang dapat terjadi di tengah-tengah masyarakat.

“Kami menilai, siskamling sangat efektif untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan ditengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Imam menerangkan, siskamling juga berfungsi sebagai forum silaturahmi antar anggota masyarakat satu dengan yang lain yang memberikan nilai kemanfaatan dan semangat kebersamaan.

“Kepolisian selalu berupaya mengajak masyarakat selalu sadar dan peduli terhadap kamtibmas di lingkungananya. Dengan harapan masyarakat mampu menjadi polisi terhadap dirinya sendiri, keluarga dan lingkungannya,” imbuhnya.

Untuk itu, kepada seluruh awak kamling yang hadir Imam berpesan agar masyarakat selalu meningkatkan peranannya dalam pemeliharaan kamtibmas dan dalam pelaksanaannya untuk selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

Imam berpesan agar dilakukan deteksi dini terhadap segala potensi gangguan kamtibmas guna antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Laporkan setiap ada hal-hal yang bisa menimbulkan kerawanan di masyarakat,” tandasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved