Armada KA Kesehatan 'Rail Clinic' Beraksi di Bantul

PT KAI Daop VI berharap keberadaan kereta rail clinic ini mampu memberikan pelayanan kesehatan di daerah-daerah yang jauh dari fasilitas kesehatan

Armada KA Kesehatan 'Rail Clinic' Beraksi di Bantul
TRIBUNJOGJA.COM/HENING WASISTO
Suasana kegiatan pengobatan gratis oleh PT KAI Daop 6 Yogyakarta di Stasiun Rewulu, Selasa (5/9/2017). Pada aksi ini PT KAI mengoperasikan armada khusus KA kesehatan "Rail Clinic." 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Hening Wasisto

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Ada yang menarik dari bakti sosial "rail clinic" yang digelar PT KAI Daop VI pada Selasa (5/9/2017). Tepat di dekat perlintasan kereta stasiun Rewulu Sedayu Bantul terparkir serangkaian kereta api. Kereta ini bukanlah kereta reguler atau kereta eksekutif pada umumnya, melainkan kereta klinik atau Rail Clinic milik PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Keberadaan kereta tersebut tentu menarik minat masyarakat yang hadir dalam baksos untuk melihat lebih dekat. Selain bisa melihat, masyarakat sekitar stasiun Rewulu juga dipersilakan untuk naik ke dalam kereta sambil menikmati layanan kesehatan gratis.

Ida Hidayati, Wakil Kepala PT KAI Daop VI menerangkan, kereta api rail clinic berfungsi untuk melayani kesehatan tingkat pertama seperti pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, pemeriksaan kehamilan yang dilengkapi USG, pemeriksaan laboratorium, serta pelayanan kefarmasian.

"Target kami rail clinic ini mampu melayani 250 pasien dari penduduk setempat," ujarnya.

Selain memberikan pemeriksaan gratis bagi warga sekitar stasiun Rewulu Sedayu, acara bakti sosial juga membagikan 50 kacamata gratis bagi siswa-siswi SD Gunungmulyo Argomulyo Sedayu Bantul.

Dengan adanya Baksos rail clinic kemarin, PT KAI Daop VI berharap keberadaan kereta rail clinic ini mampu memberikan pelayanan kesehatan di daerah-daerah yang jauh dari fasilitas kesehatan, namun dapat terjangkau oleh kereta api.

"Semoga dengan adanya rail clinic ini kami bisa ikut meningkatkan kesehatan masyarakat yang hidup di pinggiran lintasan kereta api. Kami juga memohon kepada masyarakat sekitar untuk bersama-sama menjaga keamanan perlintasan kereta api," tambahnya.

Setelah melangsungkan bakti sosial rail clinic di stasiun Rewulu kemarin, sesuai rencana kereta rail clinic akan meneruskan perjalanannya ke stasiun yang ada di Sragen. Tentunya dengan program yang sama. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: sis
Editor: Ari Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved