Breaking News:

Idul Adha 2017

Sapi Kurban di Masjid Agung Kulonprogo Juga Kena Cacing Hati

Sama seperti temuan di Pengasih, hati sapi yang terlalu parah diserang cacing akhirnya langsung diafkir untuk dimusnahkan

Tribun Jogja/ Dwi Nourma Handito
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Selain di Pengasih, cacing hati juga ditemukan menjangkit sapi kurban di Wates.

Seekor di antaranya merupakan sapi kurban di Masjid Agung Kulonprogo dan satu lainnya di Klayonan, Wates.

Sama seperti temuan di Pengasih, hati sapi yang terlalu parah diserang cacing akhirnya langsung diafkir untuk dimusnahkan.

Sedangkan yang hanya terkena sebagian hanya disayat pada bagian terinfeksi untuk dibuang sehingga bagian lain masih bisa dikosumsi.

"Karena tidak terlalu parah, hatinya hanya kami buang bagian yang terkena cacing. Sisanya masih bisa dikonsumsi," kata Petugas pemantau hewan kurban wilayah Kecamatan Wates, drh Eko Sulistyadi.

Masih adanya temuan cacing hati pada hewan kurban menurutnya lantaran tidak semua ternak berasal dari Kulonprogo melainkan ada yang didatangkan dari luar daerah.

Pemantauan secara menyekluruh dan detil cukup sulit dilakukan meski sudah berupaya diantisipasi.

"Untuk pencegahan, sapi harus diberi obat cacing secara rutin. pakanya juga kalau bisa difermentasi dulu atau mencari rumput di daerah yang kering," katanya.

Di Masjid Agung Kulonprogo sendiri hewan kurbannya terdiri atas tiga sapi dan 11 ekor kambing.

Panitia Kurban Masjid Agung Kulonprogo, Umar Hadi Waluyo mengatakan, hati sapi yang terkena cacing langsung dibuang sedangkan hati lainnya yang cukup sehat tetap dibagikan untuk konsumsi. (tribunjogja.com)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved