Breaking News:

LBH Jogja Akan Melayangkan Somasi ke Pihak yang Terkait dengan Bandara NYIA

Somasi yang akan dilayangkan pihak LBH terkait proses land clearing (pembersihan lahan) di lokasi pembangunan Bandara baru

Editor: oda
tribunjogja/pradito rida pertana
Suasana pertemuan di LBH Yogyakarta, pertemuan ini membahas mengenai rencana melayangkan somasi terhadap beberapa pihak terkait proses land clearing di lokasi pembangunan NYIA. Rabu (30/8/2017). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Pradito Rida Pertana

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Belasan orang berkumpul di Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta dalam rangka membahas rencana melayangkan somasi terbuka.

Somasi tersebut ditujukan kepada PT. Angkasa Pura I, Pemerintah Republik Indonesia, Pemerintah Daerah Provinsi DIY, dan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo. Rabu (30/8/2017).

Somasi yang akan dilayangkan pihak LBH terkait proses land clearing (pembersihan lahan) di lokasi pembangunan Bandara baru yang terletak di Temon, Kulonprogo, Yogyakarta.

Hamzal Wahyudin, Direktur LBH Yogyakarta mengatakan, hingga hari ini belum ada dokumen amdal dan izin lingkungan yang final di lokasi pembangunan NYIA.

Sehingga, aktivitas mobilisasi seperti alat berat hingga land clearing di kawasan tersebut terbilang belum jelas dan tidak dapat dibenarkan.

"Toh, sekalipun dokumen amdal dan ijin lingkungannya sudah ada, harus digaris bawahi, bahwa keduanya tidak sohih secara hukum. Sebab, secara substansial seharusnya sudah dapat dipastikan amdal tidak akan pernah bisa dinilai layak," katanya.

Lanjutnya, belum lagi ketika berbicara mengenai deskripsi rona lingkungan hidup awal (environmental setting), yang pada dasarnya merupakan kawasan rawan bencana tsunami

. Ia menilai hal tersebut semakin menguatkan bahwa pembangunan NYIA Kulonprogo sejatinya tidak layak dilakukan.

Sementara itu, Yogi Zul Fadhli, Kepala Departemen Advokasi LBH Yogyakarta menuturkan secara prosedural, proses penyusunan dokumen amdal di pembangunan NYIA dilakukan tidak pada tahapan yang semestinya, yaitu di tahap perencanaan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved