Perkuat Ideologisasi Pancasila di Semua Lini

Kelima hal tersebut pertama, penguatan ideologisasi Pancasila di semua lini kehidupan. Kedua, perangi kemiskinan. Ketiga, tumbuhkan kewirausahaan.

Perkuat Ideologisasi Pancasila di Semua Lini
istimewa
Garuda Pancasila 

TRIBUNJOGJA.COM - Jelang perayaan KE-72 Kemerdekaan Republik Indonesia, Widihasto Wasana Putra, seorang Aktivis Yogyakarta, melihat ada lima hal fundamental yang musti dibenahi dan diperkuat semua komponen bangsa, dan terutama sekali oleh penyelenggara negara. 

Kelima hal tersebut pertama, penguatan ideologisasi Pancasila di semua lini kehidupan. Kedua, perangi kemiskinan. Ketiga, tumbuhkan kewirausahaan masyarakat.

Keempat, perkuat infrastruktur kelautan dan udara. Kelima, pelihara mimpi menjadi bangsa yang yang besar.

Dua lembaga survei ternama yakni Lingkaran Survei Indonesia (LSI) dan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dalam waktu berurutan di Mei dan Juni 2017 merilis hasil survei publik terhadap Pancasila.

Hasilnya secara substansial sama, mayoritas responden menolak konsep khilafah dan beranggapan NKRI yang berdasarkan pada Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan UUD 1945 adalah yang terbaik bagi rakyat Indonesia

Pancasila adalah konsensus final dan terbaik  bagi bangsa Indonesia yang majemuk dengan keanekaragaman suku, etnis, agama, adat istiadat dan bahasa.

Pancasila yang digali dari saripati peradaban adiluhung bangsa Indonesia mampu menjadi rumah bersama bagi semua. 

Meski demikian, pemerintah tidak boleh terlena dan mesti selalu waspada. Kenyataannya meski hanya dilakukan sekelompok kecil, anasir anti-Pancasila riil ada. Bukan mustahil ke depan jumlahnya terus membesar jika dibiarkan. 

Oleh sebab itu penting kiranya pemerintah pusat maupun daerah bekerja keras secara sistematis, terpadu dan berkelanjutan untuk melakukan berbagai upaya idiologisasi nilai-nilai Pancasila di tengah masyarakat.

Salah satu tujuan berdirinya negara yang tertuang dalam konstitusi pembukaan UUD 1945 adalah negara wajib memajukan kesejahteraan umum.

Halaman
123
Penulis: xna
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved