Breaking News:

Luka Bakar Bisa Sembuh Bila Diolesi Pasta Gigi? Itu Mitos, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Masyarakat seharusnya tidak lagi menggunakan pasta gigi sebagai pertolongan pertama luka bakar

Editor: Muhammad Fatoni
ist/net
Ilustrasi pasta gigi. 

TRIBUNJOGJA.COM - Mitos manfaat pasta gigi untuk mengatasi luka bakar dipercaya banyak orang sejak lama. Padahal, penggunaan pasta gigi pada luka bakar justru bisa memperparah kondisinya.

Masyarakat seharusnya tidak lagi menggunakan pasta gigi sebagai pertolongan pertama luka bakar atau terkena cipratan minyak panas.

"Itu hanya mitos, kami sangat tidak menyarankan hal itu dilakukan karena akan sangat berbahaya," kata drg.Ratu Mirah Afifah GCGLinDent, Division Head for Health & Wellbeing dan Professional Institution Univeler Indonesia Foundation.

Ratu menjelaskan, pasta gigi berbahaya jika di oleskan pada kulit yang terbakar dan permukaan bibir karena ada kandungan pembersih kotoran pada gigi seperti calcium carbonate, potassium citrate, atau pun zat pemutih gigi.

Jika kandungan-kandungan yang ada pada pasta gigi digunakan selain pada gigi akan menyebabkan iritasi atau memperparah kondisi kulit yang terbakar. "Sesuai fungsinya, pasta gigi ya untuk membersihkan kotoran di gigi, bukan untuk yang lain," katanya.

Penanganan pertama pada luka bakar yang tepat adalah dengan mengaliri bagian yang terkena luka bakar dengan air bersuhu kamar selama 1-5 menit. Setelah itu keringkan bagian luka dengan kain bersih dan dioleskan dengan krim antibiotik. Jika luka cukup besar, segera bawa ke rumah sakit. (*)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved