Kota Magelang Sabet Anugerah Budhipraja

Penghargaan itu, diberikan kepada pemerintah kabupaten dan kota, atas prestasi pelaksanaan litbang Iptek dan inovasi

Laporan Reporter Tribun Jogja, Azka Ramadhan

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang berhasil meraih penghargaan Anugerah Budhipraja dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek).

Penghargaan itu, diberikan kepada pemerintah kabupaten dan kota, atas prestasi pelaksanaan litbang Iptek dan inovasi, bagi pengembangan dan penguatan inovasi.

Anugerah Budhipraja diserahkan langsung oleh Menristekdikti Mohamad Nasir, kepada Sekda Kota Magelang, Sugiharto, yang mewakili Wali Kota Sigit Widyonindito, dalam malam apresiasi peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-22, di Gedung Phinisi, Universitas Negeri Makassar, Kamis (10/8/17) malam.

Meski belum memiliki pusat inovasi, atau teknologi bisnis inkubator yang dimiliki oleh finalis lainnya, Kota Magelang tetap masuk dalam 5 finalis yang lolos sampai tahap penilaian akhir dan meraih peringkat 3 nasional.

Kota sejuta bunga dianggap bisa menghasilkan inovasi dengan nilai tambah, baik dalam bentuk komersil, ekonomi, maupun sosial-budaya.

"Diraihnya penghargaan ini, menjadi semangat tersendiri bagi pemerintah dan masyarakat, untuk semakin bersinergi membangun Kota Magelang dengan berbagai inovasi," kata Sugiharto.

Untuk mendukung inovasi, lanjutnya, setiap tahun Pemkot Magelang menyelenggarakan Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) untuk umum.

Melalui agenda itu, akhirnya muncul temuan atau inovasi, yang sangat berguna bagi kebutuhan masyarakat. Bahkan, beberapa inovasi berhasil mendapat penghargaan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

Salah satu inovasi paling menonjol adalah 'Sepatu Tuna Netra' yang dicetuskan oleh empat orang penggagas Kampung IT di Perum Depkes, Kelurahan Kramat Utara, Kecamatan Magelang Utara.

Yakni, Dwi Hastutik, Tri Prayogo Muslim, Naskan dan Wahyu Hidayat. Inovasi tersebut, didapuk menjadi pemenang favorit oleh Pemprov Jawa Tengah.

"Masyarakat Kota Magelang sangat antusias mengikuti lomba Krenova. Kedepan, kegiatan ini akan kita dorong lagi, dengan dukungan anggaran, agar inovasi di Kota Magelang semakin bermunculan. Saat ini, kita juga menyelenggarakan Krenova untuk OPD (Organisasi Perangkat Daerah)," terangnya. (tribunjogja.com)

Penulis: aka
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved