Puluhan UMKM Sleman Ikuti Workshop pada Gelara Sleman Fashion Festival 2017

Dalam acara ini mereka mendapatkan pelatihan tentang pemanfaatan warna alami dan pendaftaran hak kekayaan intelektual (HAKI)

Puluhan UMKM Sleman Ikuti Workshop pada Gelara Sleman Fashion Festival 2017
Tribun Jogja/ Rento Ari Nugroho
Puluhan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) khususnya yang begerak di produk batik di Sleman mengikuti workshop di gelaran Sleman Fashion Festival (SFF), Senin (7/8/2017) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rento Ari Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Puluhan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) khususnya yang begerak di produk batik di Sleman mengikuti workshop.

Dalam acara ini mereka mendapatkan pelatihan tentang pemanfaatan warna alami dan pendaftaran hak kekayaan intelektual (HAKI).

Acara yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman pada Senin (7/8/2017) juga sekaligus menjadi rangkaian pembuka Sleman Fashion Festival (SFF). Acara SFF sendiri akan berlangsung pada 7-13 Agustus 2017.

SFF dibuka oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo dan dihadiri pula oleh sejumlah kepala dinas dan perwakilan Kadin Pusat.

Dalam workshop ini pemateri pertama, Agus Budi Riswandi meminta pelaku UMKM untuk memperhatikan standardisasi mutu dan hak kekayaan intelektual dalam produksinya. Ini merupakan upaya penting dalam membentuk kepercayaan pasar.

"Batik Sleman harus memiliki nilai plus. Karena kalau tidak akan kesulitan di pasar nantinya. Di tengah persaingan batik yang meningkat luar biasa tajam, ecolabelling bisa menjadi solusinya. Batik Sleman harus memberikan jaminan proses produksi yang ramah lingkungan," katanya.

Aspek lainnya, lanjut Budi, adalah tentang Hak Kekayaan Intelektual. Pelaku usaha harus memperhatikan hal ini agar produknya tidak mudah ditiru.

"Jangan sampai ketika sudah di pasar nanti, malah ditiru pihak lain. Kalau sudah begini, pelaku industri juga yang dirugikan," katanya.(*)

Penulis: Rento Ari Nugroho
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved