Lima Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Ikuti Ekspedisi NKRI 2017

Kegiatan ini melibatkan 1.180 peserta dari berbagai kalangan, termasuk 311 orang mahasiswa yang terseleksi dari 103 perguruan tinggi di Indonesia.

Lima Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Ikuti Ekspedisi NKRI 2017
ist
Lima mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang menjadi peserta Ekspedisi NKRI Tahun 2017 

TRIBUNJOGJA.COM - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan bekerjasama dengan Komando Pasukan Khusus TNI Angkatan Darat menyelenggarakan Ekspedisi NKRI Tahun 2017.

Ekspedisi Koridor Papua Bagian Selatan tahun ini merupakan ekspedisi yang ke-7 dan akan berlangsung sekitar empat bulan mulai Juli sampai November 2017.

Kegiatan ini melibatkan 1.180 peserta dari berbagai kalangan, termasuk 311 orang mahasiswa yang terseleksi dari 103 perguruan tinggi di Indonesia.

Dalam rilisnya kepada tribunjogja.com, UIN Sunan Kalijaga mengatakan ada lima mahasiswanya yang ikut terpilih mengikuti kegiatan tersebut.

Mereka adalah Putri Aulia Oksalima (Fakultas Adab dan Ilmu Budaya), Muhammad Iqbal (Fakultas Syariah dan Hukum), M. Zidni Ngilman Nafinga (Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam), Ahmad Syaihu Rifai (Fakultas Sains dan Teknologi), dan Ahzami (Fakultas Sains dan Teknologi).

Peserta Ekspedisi NKRI Tahun 2017.
Peserta Ekspedisi NKRI Tahun 2017. (ist)

Mereka dan peserta ekspedisi yang lain akan menjelajah empat wilayah yakni Kabupaten Merauke, Kabupaten Asmat, Kabupaten Mappi, dan Kabupaten Digul.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. KH. Waryono, M.Ag. mewakili Pimpinan UIN Sunan Kalijaga menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi atas terpilihnya 5 (lima) orang mahasiswa UIN Sunan Kalijaga sebagai peserta Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan Tahun 2017 ini.

Waryono mengatakan bahwa Kegiatan Ekspedisi NKRI Tahun 2017 ini sangat penting untuk diikuti oleh mahasiswa.

Sebab kegiatan ini dapat memberikan pengalaman yang sangat berharga dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki bagi pembangunan masyarakat, bangsa, dan negara, terutama yang berada di pelosok-pelosok negeri.

Secara akademis, kegiatan ini dapat disetarakan dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan dapat menjadi bagian dari proses penelitian dan penulisan skripsi mahasiswa.

“Keikutsertaan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dalam ekspedisi ini sangat membanggakan, dan secara tidak langsung juga memiliki dampak yang sangat positif bagi eksistensi dan citra institusi sebagai bukti partisipasi dan kontribusi sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karenanya, kegiatan serupa perlu terus ditingkatkan pada masa yang akan datang,” kata Waryono. (*)

Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved