Pengamat: Jokowi dan Gatot Bila Disatukan Akan Jadi Pasangan Terkuat

Setelah UU Pemilu diketok palu, Partai NasDem mewacanakan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dampingi Jokowi di Pilpres 2019

Pengamat: Jokowi dan Gatot Bila Disatukan Akan Jadi Pasangan Terkuat
AGUS SUPARTO / PRESIDENTIAL PALACE / AFP
Presiden Joko Widodo bersama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (kiri) 

TRIBUNJOGJA.COM - Setelah UU Pemilu diketok palu, Partai NasDem mewacanakan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, yang akan pensiun pada Maret 2018 akan mendampingi Joko Widodo dalam Pilpres 2019.

Duet Jokowi-Gatot ini memang bila disatukan akan jadi salah satu pasangan terkuat.

Demikian menurut Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio kepada, Jumat (21/7/2017).

"Gambaran penggabungan pasangan ini sudah terlihat sejak tidak adanya larangan dari Jokowi terhadap manuver yang dilakukan oleh Gatot selama ini," ujar Hendri Satrio.

Hanya saja, imbuhnya, masih ada kemungkinan pasangan ini tidak terjadi, yaitu bila Gatot menginginkan maju untuk bersaing menghadapi Jokowi di Pilpres 2019 nanti.

Namun dalam kacamata Direktur Eksekutif Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) ini, untuk Pilpres 2019, Jokowi memiliki banyak calon kandidat untuk mendampinginya.

Selain Jusuf Kalla (JK), menurutnya, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, Kepala Bappenas dan ahli ekonomi Bambang Brodjonegoro atau Rizal Ramli.

"Pun tokoh Islam seperti Gubernur NTB, TGB Zainul Majdi, atau Ketua MPR, Zulkifli Hasan sangat layak mendampingi Jokowi di 2019 kelak," katanya.

Selain sosok Panglima TNI Gatot Nurmantyo, yang akan pensiun pada Maret 2018 bisa mendampingi Jokowi, Politikus NasDem, Effendy Choirie melihat ada juga sosok Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Keuangan Sri Mulyani menjadi kandidat cawapres dari Jokowi di Pilpres 2019.

Apalagi Kapolri Tito juga sudah membilang akan pensiun dini.

Halaman
12
Editor: dik
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved