Tak Perlu Jauh-jauh ke Luar Negeri, 4 Kota di Indonesia Ini Juga Ramah Bagi Pejalan Kaki Lho

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, sedikitnya ada empat kota di Indonesia yang ramah pejalan kaki.

Tak Perlu Jauh-jauh ke Luar Negeri, 4 Kota di Indonesia Ini Juga Ramah Bagi Pejalan Kaki Lho
tribunjogja/gilang satmaka
Tugu Pal putih Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM - Indonesia dinobatkan sebagai negara yang masyarakatnya paling malas berjalan kaki. Riset ini dilakukan oleh para peneliti Universitas Stanford, AS, dengan melibatkan 700.000 sample dari seluruh dunia.

Mereka berkesimpulan bahwa orang Indonesia hanya berjalan 3.513 langkah setiap hari. Sangat jauh dibanding masyarakat Hongkong yang mencapai 6.880 langkah per harinya. Padahal bagi raveler, berjalan kaki merupakan salah satu cara terbaik mengeksplorasi wisata kota bahkan yang tersembunyi.

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, sedikitnya ada empat kota di Indonesia yang ramah pejalan kaki. Dihimpun KompasTravel, berikut daftarnya.

Yogyakarta

Kota yang bersahaja ini memiliki beberapa spot nyaman bagi pejalan kaki. Tidak hanya di tempat wisata, tetapi juga sisi jalan protokolnya. Berjalan kaki merupakan cara tebaik untuk menikmati keindahan budaya Yogyakarta, salah satunya di Malioboro.

Sepanjang jalan tersebut Anda bisa berjalan nyaman di trotoar, bahkan di jalan sekundernya. Kantung-kantung parkir pun kini kian rapih tertata, tidak menutupi trotoar.

Selain Malioboro Anda juga bisa berjalan nyaman wisata-wisata budaya seperti sekitaran Kraton, Tamansari, Kotagede dan beberapa wilayah lainnya.

Bukittinggi

Salah satu kota di Sumatera Barat yang terkenal dengan Jam Gadang punya destinasi-destinasi asik untuk dijelajahi dengan berjalan kaki. Kotanya yang sejuk dan tidak terlalu besar membuat Anda nyaman untuk berjalan kaki.

Selain Jam Gadang, Anda bisa menelusuri Ngarai Sianok, ngarai indah yang menyuguhkan alam yang begitu memesona. Dari sana, masih dengan berjalan kaki Anda bisa mengunjungi Goa Jepang, yang sarat sejarah Perang Dunia II.

Halaman
12
Editor: ton
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved