Bikin Gagal, Pemkot Tak Lagi Masukkan TPA Piyungan untuk Penilaian Adipura

Dengan tidak memasukkan TPA yang berada di kawasan Kabupaten Bantul ini membawa angin segar untuk perolehan Adipura.

Bikin Gagal, Pemkot Tak Lagi Masukkan TPA Piyungan untuk Penilaian Adipura
ist/net
Adipura 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA -  Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta tak lagi memasukkan tempat pembuangan akhir sampah (TPA) Piyungan sebagai salah satu indikator untuk penilaian Adipura.

Pasalnya, keberadaan TPA tersebut menjadi salah satu faktor penyebab gagalnya Pemkot setempat mendapat penghargaan Adipura selama empat tahun berturut-turut.

“Memang untuk tahun ini, kami tidak memasukkan lagi TPA sebagai salah satu indikator,” jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta, Suyana, Jumat (7/7/2017).

Dengan tidak memasukkan TPA yang berada di kawasan Kabupaten Bantul ini membawa angin segar untuk perolehan Adipura.

Dari beberapa tahun terakhir, penilaian mengenai kondisi TPA Piyungan menjadi titik lemah penilaian Adipura. Sehingga menyebabkan Kota Yogyakarta tidak dapat mempertahankan penghargaan tersebut.

Perlu diketahui, Kota Yogyakarta pernah memperoleh Adipura selama tujuh tahun berturut-turut, namun kemudian harus kehilangan penghargaan tersebut selama empat tahun terakhir.

Suyana mengatakan,  untuk tahun ini, penilaian hanya dilakukan terhadap kondisi lingkungan di Kota Yogyakarta saja. Dia pun berharap ada hasil yang lebih baik.

Apalagi, ada beberapa indikator penilaian yang belum bisa menyumbang nilai optimal adalah pada unsur kerindangan di sepanjang jalan-jalan protokol.

Kepercayaan diri DLH untuk dapat meraih Adipura ini juga dilatar belakangi undangan dari Kementrian Lingkungan Hidup kepada Pemkot Yogya. Undangan ini hanya diberikan kepada 120 Kabupaten/Kota.

Apalagi awal bulan lalu, Wali Kota Yogyakarta sudah menyampaikan paparan di Kementerian Lingkungan Hidup mengenai Adipura

Halaman
12
Penulis: ais
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved