Pesona Kampung Pelangi Bikin Bule Inggris Ini Kepincut

Kepopuleran Kampung Pelangi Kota Semarang menyebabkan banjirnya para wisatawan baik lokal maupun asing untuk mengunjungi kampung ini.

Tribun Jateng/Firna Larasanti
Francessa sedang berfoto bersama dengan pengunjung lain di Kampung Pelangi, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (27/2/2017. 

TRIBUNJOGJA.COM, SEMARANG - Kepopuleran Kampung Pelangi Kota Semarang menyebabkan banjirnya para wisatawan baik lokal maupun asing untuk mengunjungi kampung ini.

Satu di antara ratusan pengunjung itu adalah Francessa, warga negara asing asal Inggris.

"Kampung pelangi is beautiful village," kata, Selasa (27/6/2017).

Francessa sengaja mengunjungi beberapa destinasi wisata di Indonesia satu di antaranya kampung pelangi. Ia mengaku mengetahui destinasi baru kampung pelangi ini dari media sosial.

Destinasi wisata yang baru nge-hits ini berlokasi di Kelurahan Randusari, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Nama kampung pelangi mulai menyita perhatian dunia. Yuli, satu di antara warga kampung pelangi, mengaku tidak mengira daerah yang dulu kumuh dan tidak dipandang kini sering didatangi wisatawan asing dari Inggris, Perancis, Australia dan Ukrainia.

"Kami senang karena kampung pelangi kini sudah menjadi tempat wisata di mata lokal dan internasional. Hal ini sekaligus sebagai penyemangat kami agar meningkatkan pola hidup bersih lingkungan sekitar," kata Yuli yang juga anggota kelompok sadar wisata dan sapta pesona di kampung pelangi.

Warga Kampung Pelangi lainnya, Yati, sengaja mempersiapkan aksesoris foto yakni tulisan, topi, bando dan bunga untuk mendukung kegiatan foto wisatawan.

"Iya ini sebenarnya ide anak saya dan ini gratis. Wisatawan dapat menggunakan aksesoris ini, tapi apabila ada yang ingin memberikan donasi kami persilahkan. Nantinya akan digunakan untuk peningkatan fasilitas para pengunjung," kata Yati.

Bertepatan dengan momentum libur lebaran, pengunjung yang datang di kampung pelangi meningkat dibanding pada bulan puasa kemarin. Hal ini dikemukakan oleh Budi warga kampung pelangi.

"Animo masyarakat sangat tinggi, meskipun tempat baru namun pengunjung sangat antusias. Puncaknya pada lebaran hari kedua kemarin yang menyebabkan parkiran mobil dan motor meluber hingga ke bahu jalan," kata Budi.

Hal ini seperti diungkapkan oleh Tutik (20) warga Kota Semarang yang datang bersama dengan teman-temanya untuk kedua kalinya.

"Kemarin sempat kesini tapi sedang penuh, sehingga saya memutuskan kesini lagi. Untung tidak ramai seperti kemarin," kata Tutik. (Tribun Jateng, Firna Larasanti)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved