Ibu Ini Alami Alergi Langka, Bayi yang Dikandungnya Jadi Penyebab Alergi

Menurut dokter, ibu 29 tahun ini mengalami kondisi Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnany (PUPPP).

Ibu Ini Alami Alergi Langka, Bayi yang Dikandungnya Jadi Penyebab Alergi
yahoo
Ibu ini terkena alergi langka yang membuatnya alergi pada bayi yang dikandungnya. 

TRIBUNJOGJA.COM - Kita pernah mendengar dan mungkin merasakan alergi, dan banyak jenis alergi, seperti alergi dingin, alergi bulu kucing, alergi obat, atau alergi makanan.

Namun yang dialami ibu yang satu ini mungkin belum kita pernah dengar sebelumnya. Pasalnya, wanita ini alergi pada anak yang dikandungnya.

Itulah yang terjadi pada Summer Bostock asal Brisbane, Australia. Ketika melahirkan anak sulungnya pada 2012, Summer mengalami ruam di sekitar perut.

Menurut dokter, ibu 29 tahun ini mengalami kondisi Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnany (PUPPP). PUPPP ialah kondisi seorang ibu yang alergi kepada bayi yang dikandungnya.

American Family Physician Journal mengatakan bahwa PUPPP adalah kondisi langka. Di mana hanya terjadi pada 1 dari 160 kehamilan di dunia. Beruntungnya, kondisi ini tidak membahayakan ibu maupun si bayi yang dikandungnya.

“Saya mengalami ruam yang sangat parah,” ucap Summer seperti dilansir yahoo.com.

Pada trimester kedua, perutnya mulai dipenuhi bintik-bintik merah yang besar. Hal ini membuatnya gatal dan tidak nyaman. Dalam sekejap, bintik menyebar ke seluruh tubuh Summer.

Bahkan ketika usia kehamilan 37 minggu, Summer harus dirawat di rumah sakit karena kulitnya tidak bisa disentuh air. Jika disentuh air, maka ia akan muntah. Praktis kehamilan tersebut bukanlah kehamilan yang menyenangkan.

Namun ketika Summer telah melahirnya anaknya, seluruh ruam dan gatal hilang. Tapi kejadian ini sempat membuatnya takut pada kehamilan berikutnya.

Beruntungnya kondisi PUPPP hanya terjadi pada kehamilan pertama. Ketika Summer hamil anak kedua dan ketiga, ia tidak mengalami kondisi yang sama.

“Sekarang anak pertama saya tumbuh dengan baik dan menjadi kakak yang hebat bagi adik-adiknya,” terang Summer. (intisari-online)

Artikel ini dimuat Intisari-online dengan judul: "Duh! Gara-gara Terkena Penyakit Langka, Ibu Ini Alergi pada Bayi yang Dikandungnya Sendiri"

Editor: oda
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved