Perkawinan Sesama Jenis Bakal Diperbolehkan di Negara Asia Ini

Taiwan memiliki komunitas gay yang besar dan acara gay tahunannya adalah yang terbesar di Asia.

Perkawinan Sesama Jenis Bakal Diperbolehkan di Negara Asia Ini
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Pernikahan sesama jenis saat ini masih menjadi pro dan kontra, terlebih di negara-negara Asia.

Hingga saat ini belum ada negara di Asia yang memperbolehkan pernikahan sesama jenis. Namun, tampaknya akan ada negara Asia yang memperbolehkan hal ini.

Pengadilan Tinggi Taiwan telah membuka jalan bagi negara pulau tersebut untuk mengakui pernikahan sesama jenis.

Mahkamah Konstitusi pada hari Rabu (24/5/2017) memutuskan bahwa undang-undang saat ini, yang mengatakan bahwa pernikahan antara laki-laki dan perempuan, melanggar konstitusi.

Panel hakim yang dikenal sebagai Legislatif Yuan, telah memberi waktu dua tahun untuk mengubah atau memberlakukan undang-undang baru, yang berpotensi membuat Taiwan menjadi negara pertama di Asia yang mengizinkan pernikahan sesama jenis.

"Kami merasa bahwa ini adalah keberhasilan besar bagi LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender) dan gerakan kesetaraan perkawinan di Taiwan," kata Wayne Lin, seorang aktivis yang menjalankan hotline LGBT di Taiwan.

"Kami ingin mengubah KUH Perdata agar pasangan sesama jenis bisa menikah ... target kami adalah menyelesaikan keseluruhan proses ini di tahun ini."

Taiwan memiliki komunitas gay yang besar dan acara gay tahunannya adalah yang terbesar di Asia.

Namun isu kesetaraan perkawinan telah memisahkan masyarakat Taiwan, dengan ribuan orang dalam beberapa bulan terakhir melakukan demonstrasi, baik yang pro maupun kontra kesetaraan perkawinan.

Keputusan tersebut diambil sebagai tanggapan atas dua permintaan putusan Mahkamah Konstitusi terhadap pasal 972 KUHP Taiwan, yang menyatakan bahwa perkawinan antara laki-laki dan perempuan.

Halaman
123
Editor: oda
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved