Benda Mirip Keris ini Ditemukan di Wales, Diduga Berasal dari Abad ke-18

Benda pusaka ini ditemukan di antara dua jembatan sungai. Tempat ini biasa digunakan untuk memancing ikan.

dailymail
Benda pusaka mirip keris ditemukan di Wales. 

TRIBUNJOGJA.COM - Ketika sedang memancing di atas perahu di Sungat Towy, satu dari dua sungai terpanjang di Wales, pria ini menemukan sebuah benda pusaka mirip keris yang didugal berasal dari abad ke-18.

Andrew Davies, yang juga ketua Asosiasi Carmathen Coracle and Netsman, mengatakan, ketika ia melepas penutupnya, ia menemukan pedang di sana.

“Sungguh mengejutkan ketika menemukan benda bersejarah ini di sungai Towy,” ucap Davies kepada dailymail.co.uk.

Benda pusaka ini ditemukan di antara dua jembatan sungai. Tempat ini biasa digunakan untuk memancing ikan.

Davies pun langsung membawanya ke museum, sebab sangat bagus untuk memeriksa dan mencari tahu bagaimana keris ini berakhir di sungai Towy.

Gavin Evans, kurator di museum Carmarthenshire, mengatakan bahwa ia telah mengirim foto keris berkarat itu ke sebuah museum London. Namun belum mendapat balasannya.

“Saya tidak tahu bagaimana hasilnya. Tapi kemungkinan ini berasal dari negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia,” terang Evans.

Awalnya Evans menduga ini merupakan pedang peninggalan orang Romawi. Tapi setelah diteliti lebih jauh, pedang ini jauh lebih eksotis.

Keris ini memiliki cukup banyak hiasan di atasnya. Pegangannya terbuat dari kayu dan tampak terbuat dari tulang dan beberapa bahan tembaga.

“Saya menduga keris ini telah berada di bawah lumpur dan air dalam waktu sangat lama sehingga menjadi berkarat seperti ini.”

Bagaimana menurut Anda? Apakah keris ini berasal dari Malaysia atau malah Indonesia? (intisari-online)

Editor: oda
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved