Breaking News:

Alasan Keamanan Bandara, Mahasiswi Indonesia Dipaksa Lepas Jilbab oleh Petugas di Italia

Aghnia pun bertanya mengapa ia harus melepas jilbabnya. Menurut pihak keamanan bandara itu untuk alasan keamanan.

TRIBUNJOGJA.COM - Tindakan diskriminatif menimpa mahasiswi Indonesia yang sedang belajar di Inggris, Aghnia Adzkia, ketika sedang berada di Roma, Italia.

Mantan jurnalis CNN Indonesia itu kini sedang menempuh pendidikan master Digital Journalism di Goldsmith, University of London.

Ketika sedang berada di Bandara Ciampino Roma, Italia, Nia--panggilan akrabnya--diminta petugas keamanan bandara untuk melepas jilbabnya.

Dikutip dari akun Facebook-nya, Aghnia saat itu akan terbang ke London pada hari Minggu setelah menghabiskan liburan di Roma, Italia.

Ingin Naik Pesawat, Aghnia Adzkia Dipaksa Melepas Jilbabnya oleh Petugas Keamanan Bandara di Italia.
Ingin Naik Pesawat, Aghnia Adzkia Dipaksa Melepas Jilbabnya oleh Petugas Keamanan Bandara di Italia. (facebook)

Karena tidak percaya, Aghnia meminta dokumen hukum yang sah untuk tahu untuk apa ia melepas jilbabnya.

Ia pun dibawa ke sebuah ruang tertutup. Lalu seorang petugas keamanan wanita memberikan surat dalam bahasa Italia.

Tapi karena Aghnia tidak mengerti bahasa Italia, ia meminta izin menghubungi temannya untuk menerjemahkannya. Tapi petugas itu menolak dan menyeret dirinya ke luar.

Bahkan petugas keamanan laki-laki mengambil tasnya tanpa izin dan petugas yang wanita berteriak agar Aghnia tidak menyentuhnya.

“Anda tidak bisa menyentuh saya. Anda tidak aman. Anda bisa saja menyembunyikan sesuatu di rambut Anda. Jika Anda tidak melepasnya, kita tidak tahu apakah ada sesuatu di dalamnya. Anda tidak aman bagi kita,” ucap petugas keamanan wanita.

Melihat cara mereka memperlakukan dirinya, Aghnia memutuskan tidak jadi terbang. Ia baru memesan tiket ke London malam harinya dari Bandar Udara Internasional Fiumicino.

Halaman
12
Editor: oda
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved