Penumpang Trans Jogja Diminta Siapkan Uang Pas di Dalam Bus

Keberadaan halte portable, lanjutnya, membuat penumpang Transjogja melakukan transaksi pembayaran di dalam bus.

Penumpang Trans Jogja Diminta Siapkan Uang Pas di Dalam Bus
Tribun Jogja/ Khaerur Reza
Bus Trans Jogja, Selasa (22/11/2016) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - UPT Transjogja telah melakukan penambahan halte portable di beberapa titik, khususnya yang mengarah ke barat Kota Yogyakarta yang merupakan cikal bakal jalur baru Transjogja.

Kepala UPT Transjogja, Sumaryoto menjelaskan bahwa pihaknya sejauh ini telah meletakkan 40 halte portable.

"Agustus nanti akan ditambah lagi 80 halte portable, baik di jalur baru maupun di jalur lama yang perlu," ujarnya kepada Tribun Jogja, belum lama ini.

Keberadaan halte portable, lanjutnya, membuat penumpang Transjogja melakukan transaksi pembayaran di dalam bus.

Mulai 1 April kemarin, pihaknya telah mendidik pramugara dan pramugari yang mendapatkan tambahan tugas yakni membantu penumpang untuk bertransaksi di dalam bus.

"Seandainya penumpang tidak membawa kartu berlangganan Transjogja atau e-money, maka pramugara dan pramugari telah menyediakan kartu berlangganan di dalam atau penumpang bisa membayar dengan uang pas. Harus pas, karena (petugas) tidak bawa uang kembalian," bebernya.

Maryoto mengimbuhkan bahwa dengan menggunakan kartu berlangganan TransJogja, sebenarnya penumpang justru diuntungkan karena sekali tap hanya dikenakan biaya Rp 2.700 daripada dengan membayar dengan uang tunai.

Terlepas dari itu, mulai Agustus mendatang rencananya Transjogja akan beroperasi pada 17 trayek. Adapun jalur Transjogja meliputi 1A, 1B, 2A, 2B, 3A, 3B, 4A, 4B, 5A, 5B, 6A, 6B, 7, 8, 9, 10, dan 11. (*)

Penulis: kur
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved