Apem Jatinom Dilirik Jadi Suguhan Wajib Agenda Pemkab Klaten

Apem asal Kecamatan Jatinom merupakan ikon dari tradisi Saparan Yaqowiyyu yang dirayakan setiap tahunnya.

Apem Jatinom Dilirik Jadi Suguhan Wajib Agenda Pemkab Klaten
Perpustakaan Digital Budaya Indonesia
Ilustrasi: Apem 

Laporan reporter Tribun Jogja, Angga Purnama

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Apem asal Kecamatan Jatinom merupakan ikon dari tradisi Saparan Yaqowiyyu yang dirayakan setiap tahunnya.

Namun sejauh ini, jajanan khas ini baru bisa ditemui setahun sekali.

Namun tahun 2017 ini tampaknya menjadi era baru bagi apem Jatinom.

Pasalnya apem Jatinom mulai dilirik sebagai makanan khas Kabupaten Klaten atau dengan kata lain menjadi jajanan yang ikonik dengan kabupaten bersinar ini.

Guna mewujudkan misi tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten mulai mewajibkan adanya kue apem sebagai suguhan dalam setiap kegiatan rapat maupun acara pemerintahan.

Plt Bupati Klaten, Sri Mulyani mengatakan imbauan ini sebagai ajang promosi untuk mengenalkan apem khas Klaten kepada tamu-tamu dari luar daerah.

“Kami mengajak semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) untuk ikut mempromosikan. Terutama setiap kali ada kegiatan yang mengundang tamu dari luar Klaten,” ujarnya ditemui usai pembukaan Musrenbang di Pendopo Kabupaten Klaten, Rabu (29/3/2017).

Musrenbang yang digelar kali ini pun menjadi ajang promosi.

Jajanan khas tersebut menjadi pelengkap suguhan yang diberikan kepada sekitar 500 tamu undangan termasuk dari unsur Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang turut hadir.

Selain dihadirkan dalam setiap acara yang digelar Pemkab Klaten, Sri Mulyani juga berharap kue apem khas Jatinom juga dijual di landmark Kabupaten Klaten seperti Masjid Agung Al Aqsha.

Sebagai landmark Klaten, sudah barang tentu Masjid Agung Al Aqsha banyak didatangi pelancong yang datang dari luar Klaten.

“Sehingga diharapkan menjadi oleh-oleh khas Klaten dan bisa memajukan UKM masyarakat, khususnya UKM yang ada di Jatinom,” ujarnya. (tribunjogja.com)

Penulis: ang
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved