Trik untuk Atasi Memori iPhone yang Kepenuhan

Jika memori iPhone sudah hampir penuh, maka siap-siap saja untuk kesulitan mengambil gambar, dan memperbaharui aplikasi.

Trik untuk Atasi Memori iPhone yang Kepenuhan
YouTube
iPhone 

TRIBUNJOGJA.COM – Sejak pertama kali keluar pada tahun 2007, kapasitas penyimpanan internal iPhone kerap kali menjadi penganggu karena keterbatasannya.

Jika memori iPhone sudah hampir penuh, maka siap-siap saja untuk kesulitan mengambil gambar, dan memperbaharui aplikasi.

Hal ini berbeda dengan Android, yang jika memori internalnya sudah penuh, kita bisa menambahkan kapasitas dengan memori eksternal. Tapi tenang, ada cara untuk menyiasatinya, berikut cara-caranya:

1. Periksa Memori Penyimpanan Kita

Pertama, periksa dulu sisa kapasitas memori yang kita miliki. Caranya melalui Settings → General → Storage & iCloud Usage.

Ini akan menampilkan dengan jelas kepada kita berapa sisa kapasitas memori yang kita miliki, dan jika kita mengklik "Manage Storage," kita bisa melihat aplikasi apa yang paling memakan tempat.

Jadi, agar memori iPhone kita tidak terbuang sia-sia, ada baiknya kita menghapus aplikasi berukuran besar yang jarang kita gunakan.

2. Mengunggah Foto-Foto Kita ke Cloud

Pastinya, dengan kualitas kamera yang dimiliki iPhone, hasil foto dan video yang dihasilkan akan berukuran besar, oleh karena itu kita bisa memindahkan foto dan video kita ke komputer agar memori kita tidak penuh.

Alternatif lain jika kita tidak ingin memindahkan ke komputer, kita bisa menggunakan berbagai aplikasi Cloud, bisa Cloud bawaan dari Apple (iCloud), atau Cloud dari Google (Google Photos).

Jika menggunakan Google Photos, ketika kita sudah mengunggah foto dan video kita ke Google Photos, Google Photos akan menandai foto dan video mana saja yang bisa kita hapus dari iPhone kita.

3. Trik iTunes

Jika memori di iPhone kita sudah kurang dari 5 GB, maka trik yang satu ini mungkin bisa kawan coba.

Pilih aplikasi iTunes, lalu cari film dengan ukuran yang lebih besar dari memori kita yang tersisa, misalkan film The Avengers (berukuran 6.68 GB, semetara memori kita hanya tersisa 5 GB), lalu double tap (pencet dua kali) tombol “Rent.”

Tidak perlu khawatir kita dikenakan biaya karena menyewa film tersebut, karena ketika iTunes tahu bahwa memori kita tidak memadai, iTunes pada akhirnya sudah terlebih dahulu iPhone kita dari cache dari aplikasi-aplikasi yang ada di iPhone kita.

Mulai dari
Trik Lainya
Halaman
Editor: oda
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved