Breaking News:

Ibu Rumah Tangga Paling Rentan Tertular HIV/Aids

Pasalnya perempuan merupakan kalangan yang paling rentan tertular HIV/Aids.

Penulis: ang | Editor: Muhammad Fatoni
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Angga Purnama

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Hari Perempuan Internasional menjadi momentum yang tepat untuk kembali meningkatkan kepedulian semua pihak terhadap penyebaran HIV/Aids terutama di kalangan perempuan.

Pasalnya perempuan merupakan kalangan yang paling rentan tertular HIV/Aids.

Pelaksana Program Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Klaten, Fauzi Rivai mengatakan salah satu yang menjadi penyebab kerentanan adalah kondisi fisik perempuan yang memudahkan virus masuk ke dalam tubuh.

Terutama penularan yang terjadi melalui aktivitas seksual.

“Ada beberapa penyebabnya, antara lain organ vital perempuan yang kompleks, sehingga sangat memungkin virus lebih mudah masuk dibandingkan pada pria,” katanya ditemui Rabu (8/3/2017).

Terhitung dari 2007 hingga 2016, perempuan pengidap HIV/Aids di Klaten mencapai 164 orang. Sebagian besar pengidap merupakan usia produktif, yakni rentang usia antara 24 hingga 35 tahun.

Ia menjelaskan rata-rata pengidap di kalangan perempuan adalah pengidap pasif. Di mana pengidap tertular HIV/Aids dari pasangan tetapnya.

“Ada kecenderungan mereka (perempuan) tertular dari suaminya. Parahnya tidak ada keterbukaan antara suami pengidap dengan istri membuat HIV/Aids tersebar di kalangan keluarga, bahkan ada kasus sampai anaknya juga tertular lantaran sang ibu tertular sebelumnya dari suami,” ungkapnya menjelaskan.

Ironisnya, perempuan yang aktifitas berkutat di rumah menjadi kelompok yang paling rentan jika dibandingkan dengan mereka yang bekerja.

Kondisi tersebut secara tidak langsung memperbesar potensi penularan di kalangan anak-anak, terutama yang baru dilahirkan. Sampai 2016, tercatat ada 19 balita yang mengidap HIV/Aids. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved