Breaking News:

Lipsus Tol Yogya Solo

Pedagang Berharap Banyak dari Jalan Tol

Mereka berharap besar diberikan tempat untuk meningkatkan nilai jual produk sehingga tidak tergusur oleh pedagang besar.

Penulis: gil | Editor: oda
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Proyek pembangunan Tol. (ilustrasi) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Para pelaku ekonomi menengah-kecil berharap banyak dari dampak hadirnya jalan tol Bawen-Yogyakarta.

Mereka berharap besar diberikan tempat untuk meningkatkan nilai jual produk sehingga tidak tergusur oleh pedagang besar.

Penggiat UKM dan Ketua Asosiasi Business Developmnet Services Association Indonesia (ABDSI) DIY Rommy Heryanto mengatakan kekhawatiran akan tergerusnya para pedagang kecil itu wajar namun optimisme tetap ada.

Baginya, pedagang kecil atau pelaku UKM perlu diberikan tempat dalam pembangunan jalan tol.

"Kekhawatiran itu wajar, tinggal bagaimana sebenarnya membuat profram sinergi untuk majukan UKM di kawan tol, semisal membuat rest area tol yang juga menjadi showroom produk unggulan masyarakat DIY," jelas Rommy pada Senin (6/3/2017).

Baca: Tiga Kajian Tol Yogya-Solo Diproses Tahun Ini

Menurutnya, Hal tersebut bisa terwujud asal semua stakeholder bisa sinergi dan para pelaku UKM juga terus meningkatkan kapasistas dan kualitas di semua lini.

Diperlukan cara kerja lintas sektoral sehingga sebelum pembangunan, sudah melibatkan berbagai pihak.

"Namun itu juga perlu diperkuat dengan aturan atau kebijakan dari pemda DIY dalam memberikan ruang bagi UKM agar bisa memanfaatkan peluang dengan misalnya bekerjasa dengan pengusaha besar," tutur Rommy.

Ia menambahkan, penguatan koperasi atau kelompok usaha juga dibutuhkan untuk pelaku UKM menghadapi besarnya peluang pasar dari dampak jalan tol.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved