Bandara Baru, Arus Investasi ke Kulonprogo Mulai Kencang

Sejumlah investor di sektor industri dan juga pariwisata tampak sudah ambil ancang-ancang membikin usahanya di wilayah ujung barat DIY ini.

Bandara Baru, Arus Investasi ke Kulonprogo Mulai Kencang
jogjainvest.jogjaprov.go.id
Masterplan bandara baru Yogyakarta di Kulon Progo. 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO – Arus investasi mulai masuk kencang ke Kulonprogo menyusul segera terealisasinya pembangunan bandara internasional di Temon.

Sejumlah investor di sektor industri dan juga pariwisata tampak sudah ambil ancang-ancang membikin usahanya di wilayah ujung barat DIY ini.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Kulonprogo, Agung Kurniawan tak memungkiri jika megaproyek bandara itu menjadi magnet bagi para investor untuk segera menanamkan modalnya.

Arus investasi itu mulai mengencang sejak wacana pembangunan bandara di Kulonprogo muncul.

“Jenis usahanya dari beragam sektor. Mulai dari industri kimia, tambang, farmasi, pertanian, furniture, wisata, pendidikan, kesehatan, dan lainnya. Tentu Pemkab saat ini terus ‘gelar tikar’ untuk menyambut investor,” kata Agung, Senin (27/2/2017).                                                                 

Jika menilik data dari skema investor tracking yang dilakukan DPMPT Kulonprogo, pada 2016 kemarin tercatat ada 29 calon penanam modal yang tertarik untuk berinvestasi di Kulonprogo.

Sebanyak 13 investor di antaranya masuk tahap perizinan, dua investor tahap penjajagan, 9 investor proses perizinan, dua investor sedang mentyusun feasibility study.

Juga, masing-masing satu investor yang sedang melakukan tahap penyusunan kerjasama, perluasan usaha, dan tahap konstruksi.

Dari sektor industri, tercatat sudah ada 18 perusahaan yang berinvestasi dengan mendirikan pabrik di wilayah Sentolo.

Antara lain berupa pabrik kayu lapis, pabrik arang briket, pengolahan pupuk, pabrik obat, SPBE, pabrik pengolahan limbah B3, pengolahan bambu, industri bulu mata palsu, dan lainnya.
Sembilan perusahaan di antaranya sudah beroperasi dan sisanya sedang dalam tahap klonstruksi maupun perizinan.

Halaman
12
Penulis: ing
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved