Breaking News:

Cokelat Lezat Ini Mengandung Pegagan Lho!

Produk yang mereka hasilkan merupakan cokelat yang dipadu dengan serbuk olahan daun pegagan, tanaman liar yang banyak tumbuh di pekarangan.

Penulis: Singgih Wahyu Nugraha | Editor: oda
tribunjogja/singgih wahyu
Inilah rupa cokelat pegagan yang diproduksi KWT Pawon Gendhis asal Dusun Salakmalang, Desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo untuk menyambut momen valentine. 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Cokelat identik sebagai kudapan untuk mengekspresikan cinta kasih. Alhasil, cokelat selalu laris manis pada momen hari kasih sayang, 14 Februari.

Di pasaran umum, makanan yang terbuat dari kakao ini dijual berupa batangan atau serupa permen dengan bentuk yang hampir mirip satu sama lain.

Namun, bentuk berbeda dihadirkan para anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Pawon Gendhis asal Dusun Salakmalang, Desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo.

Bukan sembarang cokelat, produk yang mereka hasilkan merupakan cokelat yang dipadu dengan serbuk olahan daun pegagan, tanaman liar yang banyak tumbuh di pekarangan atau persawahan.

Konon, pegagan memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Di antaranya sebagai multivitamin otak, penambah daya ingat, penyembuhan asam urat dan berbagai penyakit lain.

"Untuk pembuatan cokelat, bahannya kami padukan juga dengan greentea dan olahan pegagan. Sehingga makanannya tetap sehat dengan manfaat bahan alami," kata Ketua PWT Pawon Gendhis, Dwi Martuti, Minggu (12/2/2017).

Soal wujud, kelompok ini juga selalu membuat inovasi berupa tema bentuk cokelat yang tak biasa dan berbeda setiap tahunnya.

Kali ini, Pawon Gendhis secara khusus menghadirkan coklat valentine berbentuk simbol hati yang dikemas dalam rupa puzzle dengan 4 bidang.

Bentuk hati dipilih karena erat kaitannya dengan persoalan cinta dan rasa sayang. Sedangkan pola puzzle dikaitkan dengan urusan memadukan rasa kasih dan menuju kesempurnaan cinta.

"Bentuk hati dipilih karena sesuai tema valentine," imbuhnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved