LIPSUS: Manajemen UMKM di DIY Masih Memprihatinkan

Meski memiliki peranan penting dalam perekonomian, namun pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di DIY belum mampu berkembang maksimal.

LIPSUS: Manajemen UMKM di DIY Masih Memprihatinkan
Tribun Jogja/Pristiqa Ayun Wirastami
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Meski memiliki peranan penting dalam perekonomian, namun pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di DIY belum mampu berkembang maksimal.

Selain tantangan dari luar, kondisi UMKM dari dalam juga berdampak serius.

Masih banyaknya pelaku sektor ini yang belum memiliki manajemen baik berimbas pada pertumbuhan usahanya.

Contoh nyata masih kurang maksimalnya UMKM terlihat dari masih tingginya jumlah pelaku sektor ini yang belum memahami sistem pencatatan, pelaporan dan pembukuan keuangan yang baik.

Akibatnya, selain sulit mengakses pembiayaan dari perbankan, sektor ini juga rentan menjadi korban kejahatan.

Mengandalkan ketidaktahuan pelaku usaha, pihak-pihak tak bertanggungjawab bisa melakukan aksi kejahatan pada sektor usaha yang penting ini.

Kepala Bidang UMKM di Dinas Koperasi dan UMKM DIY, Agus Mulyono menjelaskan, pelaku usaha mikro dan kecil di DIY cukup mendominasi jumlah keseluruhan sektor usaha ini.

Karenanya, usaha mikro dan kecil menjadi fokus pendampingan pihaknya.

"Umumnya pelaku di skala mikro dan kecil masih mengelola sendiri usahanya. Selain memiliki, mereka juga menjalankan usahanya. Pencatatan belum menjadi perhatian mereka. Karena itu, kami senantiasa membina, mengarahkan mereka agar berkembang ke arah sana. Selain demi mencatat perkembangan usaha, hal ini juga berkaitan erat dengan perbankan. Apalagi saat ini pemerintah memiliki skema Kredit Usaha Rakyat yang dikhususkan untuk usaha mikro," katanya ketika ditemui di kantornya, belum lama ini.

Agus melanjutkan, umumnya pelaku usaha mikro dan kecil ini bertransaksi secara tunai.

Halaman
123
Penulis: toa
Editor: dik
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved