Breaking News:

Sejumlah Rumah Rusak Diterjang Banjir Bandang di Pemalang

Banjir bandang terjang desa tersebut pada Rabu (1/2/2017) petang. Wilayah tersebut saat itu diguyur hujan lebat.

Editor: Muhammad Fatoni
net
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Bencana banjir bandang terjadi di Sungai Ketuon, Desa Walangsanga, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang merusak jembatan dan rumah warga.

"Satu jembatan desa putus diterjang banjir. Lima rumah rusak, tiga di antaranya rusak parah," kata Kepala Desa Walangsanga, Suroto di lokasi, Kamis (2/2/2017).

Menurutnya, banjir bandang terjang desa tersebut pada Rabu (1/2/2017) petang. Wilayah tersebut saat itu diguyur hujan lebat.

Jembatan yang putus merupakan jembatan berusia sekitar 40 tahunan. Warga setempat membuat jembatan darurat menggunakan bambu untuk akses warga.

"Warga desa untuk beraktivitas sementara menggunakan jembatan darurat. Namun untuk mobil belum bisa dilewati," kata Suroto.

Menurutnya, meskipun sudah berumur, jembatan dengan lebar 3,5 meter, panjang 4,5 meter dan tinggi 2,5 meter itu masih kuat. Putusnya jembatan lantaran bagian pondasi diterjang banjir.

Sementara, rumah yang rusak milik Saryo (56) di Dukuh Krajan RT 019 RW 004 ada di bagian dapur berukuran 3x5 meter. Dinding dari bata merah jebol akibat tanah ambles.

Tidak hanya rumah dan jembatan, lahan pertanian sawah dan ladang juga terkena dampak banjir bandang puluhan hektare.

"Banyak sawah dan ladang yang rusak," imbuhnya.

Saat ini, relawan dari TNI, Polri, Tagana, Ubaloka, dan sejumlah warga bekerja bakti untuk membersihkan tanah di akses jalan dan rumah- rumah serta membangun jembatan darurat. (*/tribun jateng)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved