Disperindagkop Sleman Resmi Luncurkan sleman-mall.com

Untuk memperluas pemasaran produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Pemkab Sleman meluncurkan situa jual beli online.

Disperindagkop Sleman Resmi Luncurkan sleman-mall.com
ist

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Penjualan produk melalui sistem online saat ini sedang berkembang. Untuk memperluas pemasaran produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Pemkab Sleman meluncurkan situa jual beli online.

Situs itu bernama Sleman-mall.com. 

Situs milik Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Sleman telah resmi diluncurkan, Selasa (27/12/2016) di J-Walk Babarsari Depok Sleman. Sejumlah produk hasil UKM di Sleman ditawarkan di situs resmi milik pemkab itu. 

"Ini layaknya situs jual beli pada umumnya, tapi khusus untuk produk UKM Sleman. Diharapkan hasil pelaku UKM Sleman dapat dikenal lebih luas, sehingga dapat meningkatkan pendapatan mereka," kata Kepala Disperindagkop Sleman Pustopo. 

Sleman-mall.com terbuka bagi semua pelaku UKM yang berada di Sleman. Setiap UKM dapat menawarkan produknya dengan mengunggah ke situs tersebut. Namun tetap akan dilakukan seleksi oleh Tim Ikatan Pengusaha Sleman (Ikapim). 

Oleh karena itu, Pustopo meminta para pelaku UKM akan terus meningkatkan kualitas produk mereka.

"Nanti akan dilihat, bagaimana produknya, apakah memang layak jual atau tidak. Termasuk kesiapan mereka saat menerima orderan. Jangan sampai mereka tidak siap saat banyak pesanan datang," ujarnya. 

Kini ribuan produk UKM kini telah ditawarkan di situs yang baru dibuat dalam tiga pekan ini. Mulai dari aksesoris hingga pakaian ditawarkan. Diprediksi akan ada lebih dari 5.000 item produk yang akan dijual melalui Sleman-mall.com. 

Semua transaksi jual beli akan dikelola oleh tim Ikapim Sleman. Tim nantinya yang memesan produk kepada pelaku UKM. Dan tim tersebut juga yang bertanggungjawab dalam pengiriman. Sistem itu dilakukan untuk mengantisipasi penipuan.

Salah satu pelaku UKM, Intan mengaku telah dua pekan ini memasarkan produknya di situs tersebut. Ia merupakan pemilik UKM Intan Craf House yang berada di Dusun Brayut Pandowoharjo Sleman. Sebelumnya ia telah lima tahun terakhir memamerkan produknya di Kantor Disperindagkop.

"Sekarang masih fokus upload foto produk. Harapannya, produk ini dapat dikenal lebih luas," tuturnya. (*)

Penulis: akb
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved