Buah Bibir

Lidya Kagumi Budaya dan Kedisiplinan Orang Jepang

Dara asal Bandar Lampung ini pun kepada Tribun Jogja menceritakan pengalaman menariknya selama berada di negeri Sakura tersebut.

Lidya Kagumi Budaya dan Kedisiplinan Orang Jepang
Dok pri
Lidya Yulanda Sari 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Arfiansyah Panji Purnandaru

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Masa kuliah merupakan masa di mana seseorang tidak hanya menuntut ilmu tetapi juga menggali pengalaman sebanyak mungkin.

Tampaknya, hal tersebut juga dirasakan oleh Lidya Yulanda Sari (25).

Alumni D4 Bidan Pendidik di salah satu kampus swasta di Yogyakarta ini mengaku beruntung beberapa bulan Agustus lalu dapat mengikuti program pertukaran pelajar ke Jepang.

Dara asal Bandar Lampung ini pun kepada Tribun Jogja menceritakan pengalaman menariknya selama berada di negeri Sakura tersebut.

"Berangkat ke Jepang tanggal 3 Agustus. pulangnya dari sana 14 Agustus. Tambah seneng karena tanggal 5 aku ulang tahun jadi dirayain di sana," kisahnya.

Lidya bercerita, masyarakat Jepang sangat suka mengadakan festival. Berbagai festival seperti kembang api, Festival Awa-odori Dance Lidya temui di sana.

Bahkan, Lidya juga berkesempatan menampilkan budaya Indonesia di Jepang. Salah satunya menarikan tarian tor-tor.

"Kami juga diajari cara minum teh orang Jepang beneran. Ada cara dan urutannya," ceritanya.

Tidak hanya kagum akan budayanya, Lidya pun mengaku takjub dengan kedisiplinan yang ditunjukkan masyarakat Jepang.

Selain itu, masyarakat jepang juga ramah kepada wisatawan dan mendahulukam kepentingan umum terutama ketika di jalan raya di mana pejalan kaki selalu di prioritaskan.

"Nggak pernah yang namanya mereka telat. kalau janji jam 9, jam 8:55 itu sudah di tempat. Luar biasanya lagi kendaraan juga tertib. Aku jarang denger klakson di sana," ujarnya.

Lidya pun mengaku selalu merindukan Jepang. Selain ingin kembali berkunjung ke sana, Lidya juga berharap hal-hal positif dari negara Jepang bisa menular ke Indonesia. (tribunjogja.com)

Penulis: app
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved