Kapolri Perkuat Unit Cyber Crime di Tiap Polda

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan, pihaknya akan memperkuat kapabilitas Unit Cyber Crime di tiap Polda yang ada di Indonesia.

Kapolri Perkuat Unit Cyber Crime di Tiap Polda
IST
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan, pihaknya akan memperkuat kapabilitas Unit Cyber Crime di tiap Polda yang ada di Indonesia.

Penguatan tersebut sebagai upaya untuk melakukan pengawasan dan pemantauan media sosial provokatif yang kian hari kian marak.

"Terkait media provokatif, Unit Cyber Crime di Polda-polda akan kami perkuat kapabilitas tentunya dengan undang-undangnya tapi tidak membatasi kebebasan," ujar Tito saat memberikan kuliah umum Kebijakan Polri dalam Menjaga Keutuhan, Kerukunan dan Toleransi di Indonesia di Bale Sawala, Unpad Jatinangor, Kamis (22/12/2016).

Menurutnya, banyak kasus provokasi dan ujaran kebencian yang terungkap di Indonesia dengan hadirnya Unit Cyber Crime.

Bahkan dengan adanya Unit Cyber Crime polisi dapat melacak dan bahkan menangkap pelaku penyebar peovokasi tersebut.

"Kami tangkap banyak, tapi ya tetap kalah banyak dengan yang membuat provokasi di media sosialnya itu. Makanya harus diperkuat lagi," kata dia.

Selain memperkuat Unit Cyber Crime, lanjut dia, Polri juga akan melakukan counter untuk menetralisir informasi provikatif atau pun hoax di media sosial.

Salah satu cara yang efektif untuk menetralisir teraebut dengan cara melakukan buzzer dengan mesin.

"Mereka juga kan pakai sistem dan mesin buzzer. Jadi untuk menetralisir kalau ga bisa ya harus dengan buzzer lagi," kata dia. (Tribun Jabar)

Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved