Forum Masyarakat Peduli Pendidikan Bantul Minta Bupati Tegas pada PNS Pungli

Hal tersebut merupakan citra buruk bagi dunia pendidikan, sehingga langkah tegas Bupati Bantul sangat dinantikan.

Forum Masyarakat Peduli Pendidikan Bantul Minta Bupati Tegas pada PNS Pungli
Net
ILUSTRASI 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Forum Masyarakat Peduli Pendidikan Bantul meminta Pemerintah Kabupaten Bantul untuk tegas menindak adanya dugaan pungutan liar ataupun gratifikasi yang berada di institusi pendidikan.

Pasalnya, hal tersebut senyap, tak tercium tetapi rakus dan menjadi catatan buruk bagi dunia pendidikan di Bantul.

“Kami minta Pemkab Bantul tetap melakukan klarifikasi menyeluruh pada adanya dugaan pungli atau gratifikasi. Harus benar-benar dicek apakah itu masuk pungli ataupun gratifikasi,” ujar Ketua Forum Masyarakat Peduli Pendidikan Bantul, Zahrowi, Selasa (25/10/2016).

Dia menjelaskan, hal tersebut merupakan citra buruk bagi dunia pendidikan, sehingga langkah tegas Bupati Bantul sangat dinantikan.

Bupati yang sudah menegaskan akan melakukan pemecatan pada pelaku pungli tersebut harus benar-benar direalisasikan.

Akan tetapi, ujarnya, sebelum melangkah ke sanksi, Bupati perlu melakukan klarifikasi pada terlapor, pelapor, dan validasi data. Termasuk, apakah modus-modus semacam ini juga sudah berlangsung cukup lama.

Sementara itu, Kejari Bantul juga mengatakan terus memantau adanya praktik pungli dan gratifikasi di kalangan PNS Pemkab Bantul. Kasus dugaan penyetoran duit guru sertifikasi TK dan PAUD pun terus dipantau oleh pihak Kejari.

Kepala Kejari Bantul, Ketut Sumedana menjelaskan, pihaknya tetap akan menindak lanjuti jika laporan itu akan masuk ke pihaknya. Namun, sejauh ini, kasus ini masih ditangani oleh pihak Inspektorat Kabupaten Bantul.

Ke depan, pihaknya juga akan membentuk satuan tugas pemberantasan pungutan liar (satber pungli) di Kabupaten Bantul. Meski belum dibentuk, sejauh ini pihaknya juga mengklaim sudah siap untuk memproses adanya laporan kasus pungutan liar.

“Kami siap untuk menindaklanjuti,” jelasnya.

Halaman
Penulis: ais
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved