Lipsus Ancaman Ombak Pantai Selatan

Tiap Tahun, Jutaan Wisatawan Datangi Pantai Selatan DIY

Jumlah wisatawan yang datang ke daerah pantai jumlahnya mencapai jutaan per tahunnya.

Penulis: dnh | Editor: Muhammad Fatoni
Tribun Jogja/Hamim Thohari
Pantai Sadeng 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kawasan pesisir DIY, dengan puluhan pantainya menjadi primadona bagi para wisatawan baik domestik atau mancanegara.

Tidak tanggung‑tanggung, jumlah wisatawan yang datang ke daerah pantai jumlahnya mencapai jutaan per tahunnya.

Gunungkidul misalnya, dari data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Gunungkidul, tahun lalu ada 2,6 juta wisatawan berkunjung ke kabupaten di bagian tenggara DIY ini. Sebanyak 80 persen berwisata pantai.

"Untuk tahun ini sudah mencapai 2,1 juta wisatawan. Jumlah itu merupakan wisatawan asing dan lokal dan yang terpantau retribusi. Karena retribusi kita banyak yang ke pantai maka mayoritas data kita masih ke pantai. Persenannya kisaran 80‑85 persen," ujar Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Disbudpar Gunungkidul, Hari Sukmono.

Mengenai keamanan pengunjung yang mendatangi pantai. Hari mengatakan pihaknya terus membenahi hal tersebut. Seperti dengan menambah papan larangan dan tanda‑tanda bahaya, terlebih pada tahun lalu terjadi tebing patah di Pantai Sadranan.

"Kita perbaiki terus untuk keamanan dan keselamatan pengunjung, termasuk warga setempat atau kelompok masyarakat yang melakukan aktivitas di sana. Maka kita selalu kerja sama dengan tim SAR yang ada di sana," lanjutnya.

"Kemarin juga untuk rescue, Bupati juga memberikan bantuan jet ski kepada teman teman SAR, itu merupakan salah satu upaya untuk itu. Untuk evakuasi," kata Hari.

Kedepan, menurutnya akan ada trobosan‑trobosan lain yang salah satunya mengenai masalah keamanan pengunjung akan terus dilakukan dan ditingkatkan. Selain juga meningkatkan sarana dan kapasitas sumber daya manusia yang ada di kawasan‑kawasan pantai.

"Supaya tidak kapok ke tempat kita," ujarnya. Sementara itu jumlah kunjungan wisata ke kawasan pantai di Kabupaten Bantul tiap tahunnya pun tinggi dan di atas dua juta wisatawan.

Data 2015, kawasan Parangtritis menjadi destinasi terfavorit dengan jumlah wisatawan 2 juta orang. Kawasan pantai lain seperti pantai Baru sebanyak 163 ribu, Pantai Samas 140 ribu, Pantai Goa Cemara 95 ribu dan pantai Kuwaru sebanyak 67 ribu wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta, mengatakan memang saat ini kawasan pantai khususnya pantai di Gunungkidul tengah menjadi primadona.

"Perkembangan destinasi wisata pantai memang yang paling menonjol saat ini pertumbuhannya ada di Gunungkidul," ujarnya.

Hal ini disebabkan karena karakter pantainya yang bepasir putih dan memiliki pemandangan yang bagus di kanan kiri pantai, sehingga menjadi sebuah daya tarik yang berbeda.

Pantai‑pantai di Gunungkidul sendiri memang potensial untuk digunakan sebagai destinasi wisata, namun tidak sedikit yang belum dilengkapi infrastruktur. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved