Bangunan Kuno Berarsitektur Magis di Kediri Ini Diperkirakan Bagian dari Bangunan Megah

Struktur yang diperkirakan mencakup area lahan seluas 120 - 120 meter itu dikatakan magis karena denah serta arsitekturnya

Bangunan Kuno Berarsitektur Magis di Kediri Ini Diperkirakan Bagian dari Bangunan Megah
Teguh Hariawan/Kompasiana
Candi Tondowongso 

TRIBUNJOGJA.COM, KEDIRI - Sebuah struktur bangunan kuno dengan arsitektur magis ditemukan di Dusun Tondowongso, Desa Gayam, Kecamatan Gurah, Kediri. Kini, para arkeolog dari Balai Arkeologi Yogyakarta tengah mendalaminya.

Struktur itu ditemukan akhir tahun 2006 lalu oleh warga setempat yang menggali tanah untuk tanah urug dan batu bata. Penelitian tahap pertama struktur tersebut telah dilakukan pada 2007 - 2014 lalu. 10 - 23 Oktober 2016 ini, tim arkeolog yang dipimpin oleh Sugeng Riyanto tengah melakukan riset tahap kedua.

"Penelitian lanjutan berupaya mengungkap bagian-bagian dari kompleks suci tersebut," ujar Sugeng saat ditemui di sela eskavasi, Rabu (19/10/2016). Tujuannya, mengurai kisah situs yang kini penuh teka-teki itu.

Struktur yang diperkirakan mencakup area lahan seluas 120 - 120 meter itu dikatakan magis karena denah serta arsitekturnya. Sekat-sekatnya membentuk ruang 3 X 3 sehingga ada 9 bidang. Apabila ditarik asumsi pada lahan ke dua seluas 350 meter X 300 meter, jumlahnya terdapat 81 bidang ruang. Dalam konteks simbol keagamaan, jumlah denah bidang itu mirip dengan konsep Vastu Purusha Mandala, konsep arsitektur magis dalam agama Hindu.

Kompleks bangunan agama Hindu dibangun dengan konsep itu untuk mencegah kemarahan Vastu Purusha, raksasa yang diciptakan oleh Dewa Brahma. Alkisah, raksasa itu tumbuh cepat, marah, dan melahap segala sesuatu di Bumi. Dewa lain membunuhnya namun Brahma membuatnya abadi. Vastu Purusha Mandala selain menjadi jawaban untuk mencegah kemarahan raksasa juga mempertimbangkan aspek kosmos lain, terutama energi.

Halaman
Editor: mon
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved