Bupati Minta Linmas Jaga Netralitas Selama Pilkades

Sejumlah anggota linmas akan bekerja sama dengan kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) dalam pengamanan pesta demokrasi di 22 desa.

Bupati Minta Linmas Jaga Netralitas Selama Pilkades
tribunjogja/usman hadi
Salah satu papan benner yang dipasang warga Mulyodadi, papan tersebut berisi himbuan agar masyarakat menolak praktek money politic dalam pilkades serentak nanti, Minggu (16/10/2016). (ILUSTRASI) 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Sedikitnya 400 personel Perlindungan Masyarakat (Linmas) akan disiagakan untuk menghadapi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan digelar tanggal 23 Oktober mendatang.

Sejumlah anggota linmas ini akan bekerja sama dengan kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) dalam pengamanan pesta demokrasi di 22 desa ini. Bupati meminta agar anggota Linmas tetap netral selama Pilkades.

Bupati Bantul, Suharsono menjelaskan, anggota Linmas memiliki hak pilih, namun tetap mempunyai tugas untuk menjaga keamanan. Para anggota Linmas ini pun diminta untuk tetap netral selama menghadapi Pilkades serentak di Bantul.

"Sebagai anggota Linmas, kami minta tetap bisa menjaga netralitas, jangan memihak salah satu calon, sehingga akan menggangu kinerja di lapangan." kata Bupati Bantul, kemarin.

Suharsono menambahkan, apel siaga yang digelar tersebut diharapkan menjadi momentum penting untuk mempersiapkan para anggota Linmas.

Selain bisa menjaga keamanan selama Pilkades yang dilaksanakan setiap delapan tahun sekali, anggota Linmas juga diharapkan bisa menjaga keamanan wilayahnya.

“Jika melihat oknum anggota masyarakat yang bertindak tidak semestinya seperti perkelaian, pesta minuman keras atau bahkan pesta miras oplosan segera dilaporkan kepada aparat keamanan, seperti Polsek atau Polres untuk ditindak lanjuti sesuai aturan,” tegas Suharsono.

Kepala Bidang (Kabid) Linmas Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Bantul, Anton Yulianto AP pihaknya telah menggelar apel siaga Linmas sebagai salah satu langkah untuk mensukseskan Pilkades serentak tahun 2016. 400 personel yang dikerahkan itu nantinya mengemban misi untuk ikut mengamankan jalannya Pilkades.

“Kami meminta anggota Linmas siaga penuh untuk mensukseskan Pilurdes yang akan berlangsung di akhir Oktober ini,” jelasnya.

Anton menambahkan Pilkades akan berlangsung di 22 Desa di 12 kecamatan se Kabupaten Bantul pada tanggal 23 Oktober 2916.

Halaman
12
Penulis: ais
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved